Strategi Promosi Online Shop pada Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan

Main Author: Yusuf, Aris Khoironi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22660/1/jiptummpp-gdl-ariskhoiro-41410-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22660/2/jiptummpp-gdl-ariskhoiro-41410-2-bab-i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22660/
ctrlnum 22660
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/22660/</relation><title>Strategi Promosi Online Shop pada Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan</title><creator>Yusuf, Aris Khoironi</creator><subject>HE Transportation and Communications</subject><description>Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat di seluruh dunia membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan kegiatan bisnis melalui media elektronik yang sudah dikenal publik dengan nama bisnis online. Bisnis online mulai merambah pada sosial media seperti Instagram yang dulunya hanya sebagai alat untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna akun, tetapi sekarang sudah menjadi tempat bagi pelaku bisnis online shop untuk menawarkan produknya. Seperti yang dilakukan 6 online shop yaitu Warzuqnishop, Deadly_gorgeous, Warzuqnishop, Sonya Shop, Workalia, @jualmozaikfotomurah dan Raekingdom yang aktif melakukan promosi di Instagram dan masing-masing memiliki strategi promosi dalam proses memperkenalkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi apa saja yang digunakan 6 online shop tersebut dan bagaimana strategi promosi online shop pada sosial media Instagram untuk meningkatkan penjualan. &#xD; &#xD; Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan dasar teori Push Strategy (strategi tarik), Pull Strategy (strategi tarik) Pass Strategy (strategi mempengaruhi) untuk menganalisis strategi promosi 6 online shop pada sosial media Instagram dalam meningkatkan penjualan yang dibagi menjadi 3 kelas berdasarkan followers (A = 100.000-tak terhingga, B = 30.000-50.000 dan C = 1.000-5.000). Diharapkan dapat mengetahui tentang bagaimana strategi masing-masing online shop untuk mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang dijualnya. &#xD; &#xD; Hasil penelitian ini menujukan bahwa, strategi yang dipakai oleh 6 online shop yaitu Deadly_gorgeous, Warzuqnishop, Sonya Shop, Workalia, @jualmozaikfotomurah dan Raekingdom adalah Pull Strategy (strategi tarik) dengan perbandingan jumlah anggaran yang dikeluarakan, jumlah waktu kegiatan promosi, lebih besar dari strategi dorong dan strategi mempengaruhi. Pull Strategy (strategi tarik) adalah strategi yang mendorong produsen untuk secara aktif dan agresif mempromosikan produknya langsung kepada konsumen akhir untuk meminta produk itu kepada perantara dan dengan demikian mendorong perantara memesan produk itu dari produsen. Perantara tersebut bisa dikatakan reseller dalam jual beli online. Bentuk promosinya adalah periklanan dan consumer promotion. Cara yang dipakai dalam kegiatan promosi periklanan adalah kelas A = SFS (shout out for shout out) gratis, SFS berbayar (paid kroyok), Paid promo dan Endorse. Kelas B = SFS (shout out for shout out) gratis dan Endorse. Kelas C = SFS (shout out for shout out) gratis, SFS berbayar (paid kroyok), Paid promo. Dan cara yang dipakai dalam kegiatan promosi consumer promotion kelas A = Give Away (kontes), sedangkan kelas B dan C tidak menggunakan consumer promotion. &#xD; &#xD; Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi wacana serta referensi untuk masyarakat yang ingin mengembangkan atau ingin memulai bisnis online shop agar mempunyai referensi pilihan strategi promosi yang cocok untuk online shopnya agar dapat bersaing dengan kompetitor dalam negeri maupun luar negeri.</description><date>2015-11-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/22660/1/jiptummpp-gdl-ariskhoiro-41410-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/22660/2/jiptummpp-gdl-ariskhoiro-41410-2-bab-i.pdf</identifier><identifier> Yusuf, Aris Khoironi (2015) Strategi Promosi Online Shop pada Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>22660</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yusuf, Aris Khoironi
title Strategi Promosi Online Shop pada Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan
publishDate 2015
topic HE Transportation and Communications
url http://eprints.umm.ac.id/22660/1/jiptummpp-gdl-ariskhoiro-41410-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22660/2/jiptummpp-gdl-ariskhoiro-41410-2-bab-i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22660/
contents Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat di seluruh dunia membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan kegiatan bisnis melalui media elektronik yang sudah dikenal publik dengan nama bisnis online. Bisnis online mulai merambah pada sosial media seperti Instagram yang dulunya hanya sebagai alat untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna akun, tetapi sekarang sudah menjadi tempat bagi pelaku bisnis online shop untuk menawarkan produknya. Seperti yang dilakukan 6 online shop yaitu Warzuqnishop, Deadly_gorgeous, Warzuqnishop, Sonya Shop, Workalia, @jualmozaikfotomurah dan Raekingdom yang aktif melakukan promosi di Instagram dan masing-masing memiliki strategi promosi dalam proses memperkenalkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi apa saja yang digunakan 6 online shop tersebut dan bagaimana strategi promosi online shop pada sosial media Instagram untuk meningkatkan penjualan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan dasar teori Push Strategy (strategi tarik), Pull Strategy (strategi tarik) Pass Strategy (strategi mempengaruhi) untuk menganalisis strategi promosi 6 online shop pada sosial media Instagram dalam meningkatkan penjualan yang dibagi menjadi 3 kelas berdasarkan followers (A = 100.000-tak terhingga, B = 30.000-50.000 dan C = 1.000-5.000). Diharapkan dapat mengetahui tentang bagaimana strategi masing-masing online shop untuk mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang dijualnya. Hasil penelitian ini menujukan bahwa, strategi yang dipakai oleh 6 online shop yaitu Deadly_gorgeous, Warzuqnishop, Sonya Shop, Workalia, @jualmozaikfotomurah dan Raekingdom adalah Pull Strategy (strategi tarik) dengan perbandingan jumlah anggaran yang dikeluarakan, jumlah waktu kegiatan promosi, lebih besar dari strategi dorong dan strategi mempengaruhi. Pull Strategy (strategi tarik) adalah strategi yang mendorong produsen untuk secara aktif dan agresif mempromosikan produknya langsung kepada konsumen akhir untuk meminta produk itu kepada perantara dan dengan demikian mendorong perantara memesan produk itu dari produsen. Perantara tersebut bisa dikatakan reseller dalam jual beli online. Bentuk promosinya adalah periklanan dan consumer promotion. Cara yang dipakai dalam kegiatan promosi periklanan adalah kelas A = SFS (shout out for shout out) gratis, SFS berbayar (paid kroyok), Paid promo dan Endorse. Kelas B = SFS (shout out for shout out) gratis dan Endorse. Kelas C = SFS (shout out for shout out) gratis, SFS berbayar (paid kroyok), Paid promo. Dan cara yang dipakai dalam kegiatan promosi consumer promotion kelas A = Give Away (kontes), sedangkan kelas B dan C tidak menggunakan consumer promotion. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi wacana serta referensi untuk masyarakat yang ingin mengembangkan atau ingin memulai bisnis online shop agar mempunyai referensi pilihan strategi promosi yang cocok untuk online shopnya agar dapat bersaing dengan kompetitor dalam negeri maupun luar negeri.
id IOS4109.22660
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:45:38Z
last_indexed 2017-03-21T02:45:38Z
recordtype dc
_version_ 1675924297249456128
score 17.538404