PENERAPAN MODEL MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SUB TEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA KELAS V SEMESTER I DI SDN KEDUNGBANTENG 02 KECAMATAN BAKUNG

Main Author: SAPUTRA, SHENDY TRISNA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21207/1/jiptummpp-gdl-shendytris-42276-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21207/2/jiptummpp-gdl-shendytris-42276-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21207/
Daftar Isi:
  • Diketahui bahwa salah satu masalah di dalam pembelajaran tematik adalah kemampuan mengingat siswa yang rendah pada tema benda-benda di lingkungan sekitar, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui model pembelajaran Mnemonik. Tujuannya (1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 saat diterapkan model pembelajaran mnemonik, (2) mendiskripsikan menjelaskan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 saat diterapkan model pembelajaran mnemonik, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 saat diterapkan model pembelajaran mnemonik. Penelitian ini menggunakan PTK. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus melalui tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini berasal dari siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 Kecamatan Bakung dengan jumlah 27 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Keterlaksanaan pembelajaran tematik sudah sesuai langkah-langkah model mnemonik dan berlangsung dengan baik pada siklus I dan II. Adapun prosentase pada siklus I untuk aktivitas belajar siswa dalam kategori baik mencapai 22%, cukup baik 52%, kurang 26%, dan siklus II Kategori baik mencapai 74% dan cukup baik 26%. Sedangkan prosentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 58% sedangkan kentutasan klasikal yang ditentukan sekolah yaitu 75%, pada siklus II prosentase ketuntasan klasikal mencapai 78%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Mnemonik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema benda-benda di lingkungan sekitar subtema wujud benda dan cirinya.