PENERAPAN MODEL MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SUB TEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA KELAS V SEMESTER I DI SDN KEDUNGBANTENG 02 KECAMATAN BAKUNG
Main Author: | SAPUTRA, SHENDY TRISNA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21207/1/jiptummpp-gdl-shendytris-42276-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21207/2/jiptummpp-gdl-shendytris-42276-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21207/ |
ctrlnum |
21207 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/21207/</relation><title>PENERAPAN MODEL MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SUB TEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA KELAS V SEMESTER I DI SDN KEDUNGBANTENG 02 KECAMATAN BAKUNG</title><creator>SAPUTRA, SHENDY TRISNA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Diketahui bahwa salah satu masalah di dalam pembelajaran tematik adalah kemampuan mengingat siswa yang rendah pada tema benda-benda di lingkungan sekitar, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui model pembelajaran Mnemonik. Tujuannya (1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 saat diterapkan model pembelajaran mnemonik, (2) mendiskripsikan menjelaskan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 saat diterapkan model pembelajaran mnemonik, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 saat diterapkan model pembelajaran mnemonik.

Penelitian ini menggunakan PTK. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus melalui tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini berasal dari siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 Kecamatan Bakung dengan jumlah 27 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

Keterlaksanaan pembelajaran tematik sudah sesuai langkah-langkah model mnemonik dan berlangsung dengan baik pada siklus I dan II. Adapun prosentase pada siklus I untuk aktivitas belajar siswa dalam kategori baik mencapai 22%, cukup baik 52%, kurang 26%, dan siklus II Kategori baik mencapai 74% dan cukup baik 26%. Sedangkan prosentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 58% sedangkan kentutasan klasikal yang ditentukan sekolah yaitu 75%, pada siklus II prosentase ketuntasan klasikal mencapai 78%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Mnemonik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema benda-benda di lingkungan sekitar subtema wujud benda dan cirinya.</description><date>2016-02-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/21207/1/jiptummpp-gdl-shendytris-42276-1-pendahul-n.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/21207/2/jiptummpp-gdl-shendytris-42276-2-babi.pdf</identifier><identifier> SAPUTRA, SHENDY TRISNA (2016) PENERAPAN MODEL MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SUB TEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA KELAS V SEMESTER I DI SDN KEDUNGBANTENG 02 KECAMATAN BAKUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>21207</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SAPUTRA, SHENDY TRISNA |
title |
PENERAPAN MODEL MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SUB TEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA KELAS V SEMESTER I DI SDN KEDUNGBANTENG 02 KECAMATAN BAKUNG |
publishDate |
2016 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.umm.ac.id/21207/1/jiptummpp-gdl-shendytris-42276-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21207/2/jiptummpp-gdl-shendytris-42276-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21207/ |
contents |
Diketahui bahwa salah satu masalah di dalam pembelajaran tematik adalah kemampuan mengingat siswa yang rendah pada tema benda-benda di lingkungan sekitar, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui model pembelajaran Mnemonik. Tujuannya (1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 saat diterapkan model pembelajaran mnemonik, (2) mendiskripsikan menjelaskan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 saat diterapkan model pembelajaran mnemonik, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 saat diterapkan model pembelajaran mnemonik.
Penelitian ini menggunakan PTK. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus melalui tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini berasal dari siswa kelas V SDN Kedungbanteng 02 Kecamatan Bakung dengan jumlah 27 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Keterlaksanaan pembelajaran tematik sudah sesuai langkah-langkah model mnemonik dan berlangsung dengan baik pada siklus I dan II. Adapun prosentase pada siklus I untuk aktivitas belajar siswa dalam kategori baik mencapai 22%, cukup baik 52%, kurang 26%, dan siklus II Kategori baik mencapai 74% dan cukup baik 26%. Sedangkan prosentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 58% sedangkan kentutasan klasikal yang ditentukan sekolah yaitu 75%, pada siklus II prosentase ketuntasan klasikal mencapai 78%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Mnemonik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema benda-benda di lingkungan sekitar subtema wujud benda dan cirinya. |
id |
IOS4109.21207 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Malang |
institution_id |
136 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang |
library_id |
546 |
collection |
UMM Institutional Repository |
repository_id |
4109 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS4109 |
first_indexed |
2017-03-21T02:45:08Z |
last_indexed |
2017-03-21T02:45:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1675924289367310336 |
score |
17.538404 |