ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD UNTUK PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. PG. Rajawali I Unit Krebet Baru)
Main Author: | Anam, Moh. Saiful |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/20608/1/m5.pdf http://eprints.umm.ac.id/20608/2/m6.pdf http://eprints.umm.ac.id/20608/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah menilai kinerja perusahaan serta memberikan solusi atas permasalahan berdasarkan konsep Balanced Scorecard. Alat analisis yang digunakan adalah perspektif keuangan indikator yang digunakan Return on Invesment, Profit Margin on Sales, Growth Rate in Sales. Perspektif pelanggan indikator yang digunakan Tingkat Pemerolehan Pelanggan, Tingkat Retensi Pelanggan, Tingkat Kepuasan Pelanggan. Perspektif Proses Internal Bisnis indikator yang digunakan Inovasi Produk dan Proses Operasi, sedangkan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan indikator yang digunakan Absensi dan Retensi Karyawan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, Kinerja perusahaan sudah baik, hal ini dibuktikan dengan membaiknya kedua indikator yang digunakan, yakni absensi dan retensi karyawan. 2) Perspektif proses internal bisnis, Kinerja perusahaan sudah baik. Perusahaan memberikan inovasi produk dengan menciptakan jenis produk baru yaitu minuman sari tebu, perusahaan juga memberikan proses operasi kepada pelanggan. 3) Perspektif pelanggan, secara keseluruhan kinerja perusahaan sudah baik, hal ini di buktikan dengan membaiknya ketiga indikator yang digunakan. 4) perspektif keuangan, Perspektif keuangan hasilnya kurang baik, dari tiga indikator yang digunakan Return on Invesment, Profit Margin on Sales, Growth Rate in Sales, hanya Growth Rate in Sales yang mengalami peningkatan.