STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. SOPA NUSA TISSUE MOJOKERTO
Main Author: | Murdianto, Deddy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/13104/1/STRATEGI_PENGEMBANGAN_PRODUK_SEBAGAI_SARANA_UNTUK_MENINGKATKAN_VOLUME_PENJUALAN_PADA_PT.pdf http://eprints.umm.ac.id/13104/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan jenis penelitian diskriptif. Judul yang diangkat adalah “Strategi Pengembangan Produk Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Sopanusa Tissue Mojokerto”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan produk sebagai sarana untuk meningkatkan volume penjualan pada PT. Sopanusa Tissue selama tahun 2000-2004. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisisa yang digunakan adalah analisis SWOT yaitu untuk mengetahui faktor internal dan eksternal perusahaan. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan tentang strategi pengembangan produk sebagai sarana untuk meningkatkan volume penjualan pada PT. Sopanusa Tissue, dimana berdasarkan hasil perhitungan dari analisis eksternal diperoleh nilai sebesar 2,96 yang artinya faktor eksternal perusahaan mempunyai pengaruh sedang terhadap faktor strategis perusahaan. Sedangkan untuk analisis internal diperoleh nilai sebesar 2,99 menunjukkan bahwa faktor internal perusahaan lebih kuat bila dibandingkan dengan rata-rata pesaing. Dengan melihat kondisi tersebut maka dalam pengembangan produk perusahaan dapat melakukan strategi diversifikasi, yaitu diversifikasi konsentris dan horisontal, dimana strategi melalui diversifikasi ini perusahaan dapat memanfaatkan kekuatannya untuk membuat produk baru secara efisien dalam rangka mengejar pertumbuhan, peningkatan penjualan, profitabilitas, dan fleksibilitas karena perusahaan sudah memiliki kemampuan manufaktur dan pemasaran yang baik.