PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI SHAMPOO DOVE YANG DIBINTANGI MAIA “RATU” TERHADAP ASOSIASI MAHASISWA TENTANG PRODUK DAN ARTIS (Studi di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM)

Main Author: MARINA, DAYANG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/12560/1/PENGARUH_TERPAAN_IKLAN_TELEVISISHAMPOO_DOVE_YANG_DIBINTANGI_MAIA.pdf
http://eprints.umm.ac.id/12560/
Daftar Isi:
  • Penggunaan artis sebagai model iklan televisi dapat menarik perhatian khalayak. Ini karena artis selalu menjadi perhatian di masyarakat. Mulai dari bakat dan kemampuan mereka, penampilan fisik mereka, sampai pada perilaku sehari-harinya selalu menjadi perhatian khalayak. Karena itu, khalayak memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang para artis. Sehingga apabila artis membintangi suatu iklan produk tentunya citra produk itu sendiri akan berkembang serta terpengaruh oleh citra diri artis tersebut. Pada akhirnya, timbul asosiasi masyarakat terhadap artis dan produk yang selalu dikait-kaitkan. Iklan Shampoo Dove yang menggunakan model artis akan memperoleh banyak perhatian oleh khalayak. Seringkali khalayak lebih memperhatikan model iklan daripada produk yang dipromosikan, dan sebaliknya. Penilaian khalayak terhadap iklan tersebut sangat beragam. Mulai dari penggunaan artis Maia “Ratu” sebagai bintang iklan, sampai pada imej yang melekat pada merek Shampoo Dove. Sebagaimana iklan shampo lainnya di televisi, artis yang digunakan memiliki kriteria tertentu yang antara lain harus memiliki rambut yang indah, panjang dan sehat. Sebaliknya, dalam iklan Shampoo Dove yang dipergunakan adalah Maia “Ratu” yang terkenal dengan rambutnya yang selalu berganti warna, dan style rambut. Iklan ini dengan sendirinya menjadi unik karena Maia “Ratu” dalam iklan Shampoo Dove menceritakan pengalamannya setelah menggunakan produk Shampoo Dove. Masyarakat yang melihat iklan ini akan lebih memperhatikan dan saling mengkait-kaitkan Maia ”Ratu” dengan Shampoo Dove. Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui adanya pengaruh terpaan iklan televisi Shampoo Dove yang dibintangi Maia “Ratu” terhadap asosiasi mahasiswa Ilmu Komunikasi tentang produk dan artis. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan iklan televisi tersebut terhadap asosiasi mahasiswa. Teori yang digunakan yaitu teori atribusi persona stimuli. Teori ini menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki status yang lebih tinggi daripada orang lain dapat mempengaruhi orang tersebut untuk merubah pola pikir, sikap bahkan prilaku mereka.Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis terpaan iklan televisi yang menggunakan model artis terhadap asosiasi mahasiswa menggunakan: korelasi sederhana, regresi sederhana, dan uji t . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari angka R square 0,426; menunjukkan bahwa pengaruh antara variabel terpaan iklan televisi yang menggunakan model artis terhadap asosiasi mahasiswa sebesar 0,426 dapat dikatakan bahwa 42,6% perubahan variabel asosiasi mahasiswa disebabkan oleh perubahan variabel terpaan iklan Shampoo Dove yang dibintangi oleh Maia “Ratu” dan sisanya yang 57,4 % disebabkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model dalam penelitian ini. Dengan t hitung = 8,535 berarti hasil uji t, t hitung > t tabel, t tabel = 1,67 (dalam daftar tabel t). Dengan demikian, teori atribusi persona stimuli yang menjelaskan bahwa status seseorang berperan dalam mempengaruhi orang lain telah terbukti kebenarannya. Dari hasil penelitian, khalayak yang menonton iklan ini terpengaruh oleh kepopuleran artis Maia “Ratu” dalam iklan Shampoo Dove, sehingga timbul asosiasi tentang artis dengan produk Shampoo Dove.