UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENGUKURAN LUAS DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG

Main Author: Kurniati, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/12420/1/UPAYA_MENINGKATKAN_PEMAHAMAN_KONSEP_PADA_MATERI_PENGUKURAN_LUAS_DENGAN_PENDEKATAN_PENEMUAN_PADA_SISWA_KELAS_V_SD_MUHAMMADIYAH_08_DAU_MALANG.pdf
http://eprints.umm.ac.id/12420/
Daftar Isi:
  • Pemilihan metode maupun pendekatan pembelajaran sangat menentukan kualitas pengajaran dalam proses belajar mengajar. Pendekatan pembelajaran merupakan salah satu penyebab yang dapat mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar siswa. Proses pembelajaran selama ini masih bersifat konvensional dan banyak didominasi oleh guru. Siswa tidak diberi ruang untuk berimajinasi dan berkreasi. Untuk mencapai kualitas pengajaran yang tinggi setiap mata pelajaran khususnya matematika harus diorganisasi dengan strategi dan pendekatan yang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diterapkan pembelajaran dengan pendekatan penemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pendekatan penemuan pada pembelajaran pengukuran luas. Penerapan pendekatan belajar ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta efektif tidaknya terhadap pembelajaran pengukuran luas di SD kelas V Muhammadiyah 08 Dau Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 08 Dau Malang yang berjumlah 12 orang siswa dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan baik, begitu juga dengan aktivitas siswa selama pembelajaran terlaksana dengan cukup baik. Sedangkan ketuntasan tujuan pembelajaran khusus belum tuntas. Jadi dapat dikatakan pembelajaran dengan pendekatan penemuan tidak efektif