UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENGUKURAN LUAS DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG
Main Author: | Kurniati, Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/12420/1/UPAYA_MENINGKATKAN_PEMAHAMAN_KONSEP_PADA_MATERI_PENGUKURAN_LUAS_DENGAN_PENDEKATAN_PENEMUAN_PADA_SISWA_KELAS_V_SD_MUHAMMADIYAH_08_DAU_MALANG.pdf http://eprints.umm.ac.id/12420/ |
ctrlnum |
12420 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/12420/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENGUKURAN LUAS DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG</title><creator>Kurniati, Sri</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Pemilihan metode maupun pendekatan pembelajaran sangat menentukan kualitas pengajaran dalam proses belajar mengajar. Pendekatan pembelajaran merupakan salah satu penyebab yang dapat mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar siswa. Proses pembelajaran selama ini masih bersifat konvensional dan banyak didominasi oleh guru. Siswa tidak diberi ruang untuk berimajinasi dan berkreasi. Untuk mencapai kualitas pengajaran yang tinggi setiap 
mata pelajaran khususnya matematika harus diorganisasi dengan strategi dan pendekatan yang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diterapkan pembelajaran dengan 
pendekatan penemuan. 
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pendekatan penemuan pada pembelajaran pengukuran luas. Penerapan pendekatan belajar ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta efektif tidaknya terhadap pembelajaran pengukuran luas di SD kelas V Muhammadiyah 08 Dau Malang. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 08 Dau Malang yang berjumlah 12 
orang siswa dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. 
Berdasarkan hasil analisis data, aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan baik, begitu juga dengan aktivitas siswa selama pembelajaran terlaksana dengan cukup baik. 
Sedangkan ketuntasan tujuan pembelajaran khusus belum tuntas. Jadi dapat dikatakan pembelajaran dengan pendekatan penemuan tidak efektif</description><date>2006</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/12420/1/UPAYA_MENINGKATKAN_PEMAHAMAN_KONSEP_PADA_MATERI_PENGUKURAN_LUAS_DENGAN_PENDEKATAN_PENEMUAN_PADA_SISWA_KELAS_V_SD_MUHAMMADIYAH_08_DAU_MALANG.pdf</identifier><identifier> Kurniati, Sri (2006) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENGUKURAN LUAS DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>12420</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Kurniati, Sri |
title |
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENGUKURAN LUAS DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG |
publishDate |
2006 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.umm.ac.id/12420/1/UPAYA_MENINGKATKAN_PEMAHAMAN_KONSEP_PADA_MATERI_PENGUKURAN_LUAS_DENGAN_PENDEKATAN_PENEMUAN_PADA_SISWA_KELAS_V_SD_MUHAMMADIYAH_08_DAU_MALANG.pdf http://eprints.umm.ac.id/12420/ |
contents |
Pemilihan metode maupun pendekatan pembelajaran sangat menentukan kualitas pengajaran dalam proses belajar mengajar. Pendekatan pembelajaran merupakan salah satu penyebab yang dapat mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar siswa. Proses pembelajaran selama ini masih bersifat konvensional dan banyak didominasi oleh guru. Siswa tidak diberi ruang untuk berimajinasi dan berkreasi. Untuk mencapai kualitas pengajaran yang tinggi setiap
mata pelajaran khususnya matematika harus diorganisasi dengan strategi dan pendekatan yang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diterapkan pembelajaran dengan
pendekatan penemuan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pendekatan penemuan pada pembelajaran pengukuran luas. Penerapan pendekatan belajar ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta efektif tidaknya terhadap pembelajaran pengukuran luas di SD kelas V Muhammadiyah 08 Dau Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 08 Dau Malang yang berjumlah 12
orang siswa dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes.
Berdasarkan hasil analisis data, aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan baik, begitu juga dengan aktivitas siswa selama pembelajaran terlaksana dengan cukup baik.
Sedangkan ketuntasan tujuan pembelajaran khusus belum tuntas. Jadi dapat dikatakan pembelajaran dengan pendekatan penemuan tidak efektif |
id |
IOS4109.12420 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Malang |
institution_id |
136 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang |
library_id |
546 |
collection |
UMM Institutional Repository |
repository_id |
4109 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS4109 |
first_indexed |
2017-03-21T02:42:28Z |
last_indexed |
2017-03-21T02:42:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1675924204855230464 |
score |
17.538404 |