ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELANGGAN BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN MODEL ANTRIAN MULTI CHANNEL-SINGLE PHASE

Main Author: SERLINA, LINDA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/4001/1/SKRIPSI%20LINDA%20SERLINA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4001/
Daftar Isi:
  • Antrian merupakan masalah yang selalu dihadapi oleh nasabah pada suatu bank. Antrian terjadi disebabkan karena kebutuhan akan layanan melebihi kapasitas pelayanan, sehingga nasabah yang datang tidak dapat segera dilayani disebabkan kesibukan layana pada bagian teller. Penelitian dilakukan pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bandar Lampung, selama satu minggu pengamatan, setiap harinya pada pukul 09.00-11.00 WIB. Setelah pengambilan data, maka dilakukan pengukuran keseimbangan atau steady state dan pengujian hipotesis. Parameter sistem antrian yang diukur adalah ekspektasi pola kedatangan, ekspektasi pola pelayanan, peluang masa sibuk, ekspektasi panjang antrian, ekspektasi dalam sistem, ekspektasi menunggu dalam sistem, ekspektasi menunggu dalam antrian dan ekspektasi waktu pelayanan. Penelitian ini menghasilkan model antrian (M/G/4) : (FIFO/ , pola kedatangan berdistribusi Poisson dan pola pelayanan tidak berdistribusi Eksponensial, melainkan berdistribusi Normal. Disiplin antrian yaitu first in first out (FIFO), dengan struktur antrian multi channel-single phase. Kata Kunci: First in first out, multi channel-single phase, teori antrian