PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING- CONCEPT MAP-THINK PAIR SHARE (REMAP-TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA (Studi Transfer pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Raden Intan Lampung)
Main Author: | Kartina, Yesilia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/2189/1/SKRIPSI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/2189/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajran Reading-Concept Map- Think Pair Share (Remap-TPS) terhadap hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran Remap-TPS memberikan pengalaman belajar yang positif antar anggota kelompok, mengembangkan tanggung jawab individual dan keterampilan bekerja sama dengan anggota kelompok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan disain Nonequivalent Control Group Design. Populasi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Mathla‟ul Anwar Landbaw. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik dilakukan tes dengan soal pilihan ganda berjumlah 20 butir pada materi gerak benda dan mahluk hidup. Hasil penelitian menunjukan bahwa, setelah dianalis dengan Uji-t diperoleh thitung > ttabel(0,05) yaitu 2,09 > 1,672. Hal itu menunjukan bahwa model pembelajaran Remap-TPS berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.