PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, COMPOSITION) MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Main Author: ALICIA, ULFI YOLANDA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/20171/1/PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/20171/2/SKRIPSI%20ALICIA%20ULFI%20YOLANDA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/20171/
ctrlnum 20171
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.radenintan.ac.id/20171/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC &#xD; (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, COMPOSITION)&#xD; MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING &#xD; (SAL) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU &#xD; DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA</title><creator>ALICIA, ULFI YOLANDA</creator><subject>Pendidikan Matematika</subject><description>ABSTRAK &#xD; Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, &#xD; Reading and Composition) Melalui Pendekatan Student Active &#xD; Learning (SAL) Terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau Dari &#xD; Kemandirian Belajar Siswa&#xD; Oleh &#xD; Alicia Ulfi Yolanda&#xD; Model pembelajaran CIRC adalah model pembelajaran kooperatif &#xD; untuk meningkatkan pemahaman siswa serta interaksi antar siswa. &#xD; Dalam model pembelajaran CIRC siswa dibentuk menjadi tim &#x2013; tim &#xD; kelompok yang terdiri dari 4 sampai dengan 5 orang heterogen. &#xD; Sedangkan SAL adalah metode pembelajaran yang berpusat pada &#xD; keaktifan siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa &#xD; disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan di SMA &#xD; Perintis 2 Bandar Lampung sangat berpusat pada guru sehingga &#xD; kurang mampu untuk merangsang keaktifan siswa dan pemahaman &#xD; matematis siswa, sehingga dibutuhkan inovasi baru untuk &#xD; mengembangkan kemampuan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk &#xD; mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC melalui pendekatan &#xD; Student Active Learning terhadap pemahaman matematis siswa, yang &#xD; dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas XI SMA Perintis 2 &#xD; Bandar Lampung.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik &#xD; pengambilan sampel yang dipakai adalah cluster random sampling&#xD; dengan materi barisan dan deret. Instrumen yang digunakan adalah tes &#xD; kemampuan pemahaman matematis dan angket kemandirian belajar. &#xD; Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Perintis &#xD; 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA &#xD; 4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran &#xD; konvensional dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen &#xD; menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, &#xD; Reading and Composition) melalui Student Active Learning (SAL).&#xD; Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji anava &#xD; dua arah (Two Way Analysis Of Variance), dengan taraf signifikansi &#x2264; &#xD; 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis harus dilakukan uji prasyarat &#xD; yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Maka diperoleh kesimpulan &#xD; (1) model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and &#xD; iii&#xD; Composition) melalui pendekatan Student Active Learning &#xD; memberikan pengaruh terhadap pemahaman matematis siswa, (2) &#xD; terdapat interaksi antara model pembelajaran Cooperative, Integrated, &#xD; Reading and Composition melalui pendekatan Student Active &#xD; Learning dan kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman &#xD; matematis siswa, (3) tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar &#xD; siswa dengan pemahaman matematis ssiwa. &#xD; Kata Kunci : CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and &#xD; Composition) melaui Student Active Learning (SAL), Pemahaman &#xD; Matematis, Kemandirian Belajar siswa.</description><date>2022-08-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.radenintan.ac.id/20171/1/PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.radenintan.ac.id/20171/2/SKRIPSI%20ALICIA%20ULFI%20YOLANDA.pdf</identifier><identifier> ALICIA, ULFI YOLANDA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, COMPOSITION) MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG. </identifier><recordID>20171</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
Journal
author ALICIA, ULFI YOLANDA
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, COMPOSITION) MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
publishDate 2022
topic Pendidikan Matematika
url http://repository.radenintan.ac.id/20171/1/PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/20171/2/SKRIPSI%20ALICIA%20ULFI%20YOLANDA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/20171/
contents ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and Composition) Melalui Pendekatan Student Active Learning (SAL) Terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Oleh Alicia Ulfi Yolanda Model pembelajaran CIRC adalah model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan pemahaman siswa serta interaksi antar siswa. Dalam model pembelajaran CIRC siswa dibentuk menjadi tim – tim kelompok yang terdiri dari 4 sampai dengan 5 orang heterogen. Sedangkan SAL adalah metode pembelajaran yang berpusat pada keaktifan siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan di SMA Perintis 2 Bandar Lampung sangat berpusat pada guru sehingga kurang mampu untuk merangsang keaktifan siswa dan pemahaman matematis siswa, sehingga dibutuhkan inovasi baru untuk mengembangkan kemampuan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC melalui pendekatan Student Active Learning terhadap pemahaman matematis siswa, yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas XI SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah cluster random sampling dengan materi barisan dan deret. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan angket kemandirian belajar. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and Composition) melalui Student Active Learning (SAL). Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji anava dua arah (Two Way Analysis Of Variance), dengan taraf signifikansi ≤ 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis harus dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Maka diperoleh kesimpulan (1) model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and iii Composition) melalui pendekatan Student Active Learning memberikan pengaruh terhadap pemahaman matematis siswa, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and Composition melalui pendekatan Student Active Learning dan kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman matematis siswa, (3) tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa dengan pemahaman matematis ssiwa. Kata Kunci : CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and Composition) melaui Student Active Learning (SAL), Pemahaman Matematis, Kemandirian Belajar siswa.
id IOS398.20171
institution Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 117
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung
library_id 89
collection Repositori IAIN Raden Intan Lampung
repository_id 398
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS398
first_indexed 2023-02-20T22:57:39Z
last_indexed 2023-05-23T18:33:10Z
recordtype dc
_version_ 1800730844451569664
score 16.845257