PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, COMPOSITION) MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Main Author: | ALICIA, ULFI YOLANDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/20171/1/PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf http://repository.radenintan.ac.id/20171/2/SKRIPSI%20ALICIA%20ULFI%20YOLANDA.pdf http://repository.radenintan.ac.id/20171/ |
ctrlnum |
20171 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.radenintan.ac.id/20171/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC 
(COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, COMPOSITION)
MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING 
(SAL) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU 
DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA</title><creator>ALICIA, ULFI YOLANDA</creator><subject>Pendidikan Matematika</subject><description>ABSTRAK 
Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, 
Reading and Composition) Melalui Pendekatan Student Active 
Learning (SAL) Terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau Dari 
Kemandirian Belajar Siswa
Oleh 
Alicia Ulfi Yolanda
Model pembelajaran CIRC adalah model pembelajaran kooperatif 
untuk meningkatkan pemahaman siswa serta interaksi antar siswa. 
Dalam model pembelajaran CIRC siswa dibentuk menjadi tim – tim 
kelompok yang terdiri dari 4 sampai dengan 5 orang heterogen. 
Sedangkan SAL adalah metode pembelajaran yang berpusat pada 
keaktifan siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa 
disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan di SMA 
Perintis 2 Bandar Lampung sangat berpusat pada guru sehingga 
kurang mampu untuk merangsang keaktifan siswa dan pemahaman 
matematis siswa, sehingga dibutuhkan inovasi baru untuk 
mengembangkan kemampuan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk 
mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC melalui pendekatan 
Student Active Learning terhadap pemahaman matematis siswa, yang 
dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas XI SMA Perintis 2 
Bandar Lampung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik 
pengambilan sampel yang dipakai adalah cluster random sampling
dengan materi barisan dan deret. Instrumen yang digunakan adalah tes 
kemampuan pemahaman matematis dan angket kemandirian belajar. 
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Perintis 
2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 
4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran 
konvensional dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 
menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, 
Reading and Composition) melalui Student Active Learning (SAL).
Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji anava 
dua arah (Two Way Analysis Of Variance), dengan taraf signifikansi ≤ 
0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis harus dilakukan uji prasyarat 
yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Maka diperoleh kesimpulan 
(1) model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and 
iii
Composition) melalui pendekatan Student Active Learning 
memberikan pengaruh terhadap pemahaman matematis siswa, (2) 
terdapat interaksi antara model pembelajaran Cooperative, Integrated, 
Reading and Composition melalui pendekatan Student Active 
Learning dan kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman 
matematis siswa, (3) tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar 
siswa dengan pemahaman matematis ssiwa. 
Kata Kunci : CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and 
Composition) melaui Student Active Learning (SAL), Pemahaman 
Matematis, Kemandirian Belajar siswa.</description><date>2022-08-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.radenintan.ac.id/20171/1/PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.radenintan.ac.id/20171/2/SKRIPSI%20ALICIA%20ULFI%20YOLANDA.pdf</identifier><identifier> ALICIA, ULFI YOLANDA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, COMPOSITION) MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG. </identifier><recordID>20171</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File Journal:eJournal Journal |
author |
ALICIA, ULFI YOLANDA |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC
(COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, COMPOSITION)
MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING
(SAL) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU
DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA |
publishDate |
2022 |
topic |
Pendidikan Matematika |
url |
http://repository.radenintan.ac.id/20171/1/PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf http://repository.radenintan.ac.id/20171/2/SKRIPSI%20ALICIA%20ULFI%20YOLANDA.pdf http://repository.radenintan.ac.id/20171/ |
contents |
ABSTRAK
Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated,
Reading and Composition) Melalui Pendekatan Student Active
Learning (SAL) Terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau Dari
Kemandirian Belajar Siswa
Oleh
Alicia Ulfi Yolanda
Model pembelajaran CIRC adalah model pembelajaran kooperatif
untuk meningkatkan pemahaman siswa serta interaksi antar siswa.
Dalam model pembelajaran CIRC siswa dibentuk menjadi tim – tim
kelompok yang terdiri dari 4 sampai dengan 5 orang heterogen.
Sedangkan SAL adalah metode pembelajaran yang berpusat pada
keaktifan siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa
disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan di SMA
Perintis 2 Bandar Lampung sangat berpusat pada guru sehingga
kurang mampu untuk merangsang keaktifan siswa dan pemahaman
matematis siswa, sehingga dibutuhkan inovasi baru untuk
mengembangkan kemampuan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC melalui pendekatan
Student Active Learning terhadap pemahaman matematis siswa, yang
dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas XI SMA Perintis 2
Bandar Lampung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik
pengambilan sampel yang dipakai adalah cluster random sampling
dengan materi barisan dan deret. Instrumen yang digunakan adalah tes
kemampuan pemahaman matematis dan angket kemandirian belajar.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Perintis
2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA
4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran
konvensional dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated,
Reading and Composition) melalui Student Active Learning (SAL).
Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji anava
dua arah (Two Way Analysis Of Variance), dengan taraf signifikansi ≤
0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis harus dilakukan uji prasyarat
yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Maka diperoleh kesimpulan
(1) model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and
iii
Composition) melalui pendekatan Student Active Learning
memberikan pengaruh terhadap pemahaman matematis siswa, (2)
terdapat interaksi antara model pembelajaran Cooperative, Integrated,
Reading and Composition melalui pendekatan Student Active
Learning dan kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman
matematis siswa, (3) tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar
siswa dengan pemahaman matematis ssiwa.
Kata Kunci : CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and
Composition) melaui Student Active Learning (SAL), Pemahaman
Matematis, Kemandirian Belajar siswa. |
id |
IOS398.20171 |
institution |
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
117 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung |
library_id |
89 |
collection |
Repositori IAIN Raden Intan Lampung |
repository_id |
398 |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
repoId |
IOS398 |
first_indexed |
2023-02-20T22:57:39Z |
last_indexed |
2023-05-23T18:33:10Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1800730844451569664 |
score |
16.845257 |