PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)(STUDI KASUS UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) POLIKLINIK HEWANYOGYAKARTA )IMPLEMENTATION OF CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)(CASE STUDY : TECHNICAL IMPLEMENTATION UNIT YOGYAKARTAVETERINARY POLYCLINICS)

Main Authors: Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs., Astuty, Novita Amylia - 135610025
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: STMIK AKAKOM Yogyakarta , 2017
Subjects:
Online Access: http:////index.php?p=show_detail&id=21610
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan menerapkan konsep Customer RelationshipManagement (CRM) berbasis web sehingga menghasilkan website bagi PoliklinikUPT Hewan yang berada di Yogyakarta. Sistem yang dibangun terdapat lima aktoryaitu : masyarakat umum, pemilik hewan, dokter, pimpinan, petugas. Selanjutnyapenelitian bertitik pada mencari pelanggan baru dan mempertahankannya dengancara terus mengingatkan pemilik hewan jika sudah waktunya melakukanpemeriksaan lanjutan, mengingatkan jadwal vaksin dan grooming, caramengingatkan pasien dilakukan melalui SMS (Short Message Service).Dengan adanya website maka dapat memberikan kemudahan dalammemberi informasi bagi masyarakat umum dan khususnya bagi pemilik hewan,memudahkan pemilik hewan mendaftar pemeriksaan terlebih dahulu melaluiwebsite. Bagi pihak Poliklinik UPT Hewan Yogyakarta memudahkan dalampengelolaan data serta memudahkan dalam pembuatan laporan-laporan yangdibutuhkan.Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databaseMySQL untuk mempermudah dalam penyimpanan data. Untuk pemberitahuanyang dilakukan melalui SMS maka penggunaan SMS Gateway dapat menjadi solusiKata Kunci : Customer Relationship Management, PHP, SMS GatewayUPT, Poliklinik Hewan, Website.
  • xiv, 61 hlm, ilus; 29 cm