DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PANGERAN CAKRABUANA CIREBON
Main Author: | Alfi Fauziah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/1/Cover%2C%20Awalan%2C%20DLL%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/2/BAB%20I%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/3/BAB%20V%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/4/Daftar%20Pustaka%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/ http://web.syekhnurjati.ac.id |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi seluruh umat manusia tak terkecuali anak dengan berkebutuhan khusus. Sekolah Luar Biasa (SLB) diperuntukan bagi ABK dalam memperoleh pendidikan. Diketahui di SLB lebih cenderung diajarkan pelajaran vokasi atau kejuruan. Namun faktanya, mata pelajaran umum lainnya pun juga disampaikan. Sebagai acuannya, menggunakan kurikulum dua ribu tiga belas dengan modifikasi pada perangkat pembelajaran menjadi program pembelajaran individual (PPI). Sebagai sumber daya pendidikan yang utama, guru bertugas mengembangkan potensi peserta didiknya di bidang akademik. Disamping itu, guru juga berperan membantu dalam menemukan potensi peserta didik dibidang lain, yang jika tepat melatihnya akan membuahkan prestasi. Dengan ini, membuat peserta didik berkebutuhan khusus dalam meraih prestasi akademik maupun non�akademik menjadi seimbang. Berhasil atau tidaknya tergantung dari bagaimana kepala sekolah menerapkan manajemen tenaga pendidik. Dengan manajemen yang tepat, akan berpengaruh pada pencapaian prestasi peserta didik di suatu lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak implementasi manajemen tenaga pendidik dalam pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pangeran Cakrabuana Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan khusus bermula dari pengelolaan sumber daya yang tepat, yakni berpacu pada management skills, yang dimulai dari planning, organizing, actuating sampai controlling. Adapun dalam konteks ini, besar kecilnya angka bukan menjadi indikator penentu prestasi peserta didik. Namun, dilihat dari perkembangan dalam proses belajar. Dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen tenaga pendidik berdampak dalam pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pangeran Cakrabuana Cirebon.