DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PANGERAN CAKRABUANA CIREBON
Main Author: | Alfi Fauziah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/1/Cover%2C%20Awalan%2C%20DLL%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/2/BAB%20I%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/3/BAB%20V%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/4/Daftar%20Pustaka%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/ http://web.syekhnurjati.ac.id |
ctrlnum |
9984 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/</relation><title>DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PANGERAN CAKRABUANA CIREBON</title><creator>Alfi Fauziah, </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi seluruh umat manusia tak 
terkecuali anak dengan berkebutuhan khusus. Sekolah Luar Biasa (SLB) 
diperuntukan bagi ABK dalam memperoleh pendidikan. Diketahui di SLB lebih 
cenderung diajarkan pelajaran vokasi atau kejuruan. Namun faktanya, mata 
pelajaran umum lainnya pun juga disampaikan. Sebagai acuannya, menggunakan 
kurikulum dua ribu tiga belas dengan modifikasi pada perangkat pembelajaran 
menjadi program pembelajaran individual (PPI). 
Sebagai sumber daya pendidikan yang utama, guru bertugas 
mengembangkan potensi peserta didiknya di bidang akademik. Disamping itu, guru 
juga berperan membantu dalam menemukan potensi peserta didik dibidang lain, 
yang jika tepat melatihnya akan membuahkan prestasi. Dengan ini, membuat 
peserta didik berkebutuhan khusus dalam meraih prestasi akademik maupun non�akademik menjadi seimbang. Berhasil atau tidaknya tergantung dari bagaimana 
kepala sekolah menerapkan manajemen tenaga pendidik. Dengan manajemen yang 
tepat, akan berpengaruh pada pencapaian prestasi peserta didik di suatu lembaga. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak implementasi 
manajemen tenaga pendidik dalam pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan 
khusus di SLB Negeri Pangeran Cakrabuana Cirebon. Metode yang digunakan 
dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 
pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan khusus bermula dari pengelolaan 
sumber daya yang tepat, yakni berpacu pada management skills, yang dimulai dari 
planning, organizing, actuating sampai controlling. Adapun dalam konteks ini, 
besar kecilnya angka bukan menjadi indikator penentu prestasi peserta didik. 
Namun, dilihat dari perkembangan dalam proses belajar. Dapat disimpulkan bahwa 
implementasi manajemen tenaga pendidik berdampak dalam pencapaian prestasi 
peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pangeran Cakrabuana Cirebon.</description><date>2022</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/1/Cover%2C%20Awalan%2C%20DLL%20New.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/2/BAB%20I%20New.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/3/BAB%20V%20New.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/4/Daftar%20Pustaka%20New.pdf</identifier><identifier> Alfi Fauziah, (2022) DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PANGERAN CAKRABUANA CIREBON. Masters thesis, S2 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. </identifier><relation>http://web.syekhnurjati.ac.id</relation><recordID>9984</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Alfi Fauziah, |
title |
DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PANGERAN CAKRABUANA CIREBON |
publishDate |
2022 |
topic |
Pendidikan (Umum) |
url |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/1/Cover%2C%20Awalan%2C%20DLL%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/2/BAB%20I%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/3/BAB%20V%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/4/Daftar%20Pustaka%20New.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/ http://web.syekhnurjati.ac.id |
contents |
Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi seluruh umat manusia tak
terkecuali anak dengan berkebutuhan khusus. Sekolah Luar Biasa (SLB)
diperuntukan bagi ABK dalam memperoleh pendidikan. Diketahui di SLB lebih
cenderung diajarkan pelajaran vokasi atau kejuruan. Namun faktanya, mata
pelajaran umum lainnya pun juga disampaikan. Sebagai acuannya, menggunakan
kurikulum dua ribu tiga belas dengan modifikasi pada perangkat pembelajaran
menjadi program pembelajaran individual (PPI).
Sebagai sumber daya pendidikan yang utama, guru bertugas
mengembangkan potensi peserta didiknya di bidang akademik. Disamping itu, guru
juga berperan membantu dalam menemukan potensi peserta didik dibidang lain,
yang jika tepat melatihnya akan membuahkan prestasi. Dengan ini, membuat
peserta didik berkebutuhan khusus dalam meraih prestasi akademik maupun non�akademik menjadi seimbang. Berhasil atau tidaknya tergantung dari bagaimana
kepala sekolah menerapkan manajemen tenaga pendidik. Dengan manajemen yang
tepat, akan berpengaruh pada pencapaian prestasi peserta didik di suatu lembaga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak implementasi
manajemen tenaga pendidik dalam pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan
khusus di SLB Negeri Pangeran Cakrabuana Cirebon. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa
pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan khusus bermula dari pengelolaan
sumber daya yang tepat, yakni berpacu pada management skills, yang dimulai dari
planning, organizing, actuating sampai controlling. Adapun dalam konteks ini,
besar kecilnya angka bukan menjadi indikator penentu prestasi peserta didik.
Namun, dilihat dari perkembangan dalam proses belajar. Dapat disimpulkan bahwa
implementasi manajemen tenaga pendidik berdampak dalam pencapaian prestasi
peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pangeran Cakrabuana Cirebon. |
id |
IOS3865.9984 |
institution |
IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
585 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
library_id |
773 |
collection |
Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
repository_id |
3865 |
subject_area |
Islam Psychological Computer Science Syariah |
city |
KOTA CIREBON |
province |
JAWA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3865 |
first_indexed |
2023-03-08T23:33:20Z |
last_indexed |
2023-03-08T23:33:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1759844798038016000 |
score |
17.538404 |