DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PANGERAN CAKRABUANA CIREBON

Main Author: Alfi Fauziah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/1/Cover%2C%20Awalan%2C%20DLL%20New.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/2/BAB%20I%20New.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/3/BAB%20V%20New.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/4/Daftar%20Pustaka%20New.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/
http://web.syekhnurjati.ac.id
ctrlnum 9984
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/</relation><title>DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PANGERAN CAKRABUANA CIREBON</title><creator>Alfi Fauziah, </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi seluruh umat manusia tak &#xD; terkecuali anak dengan berkebutuhan khusus. Sekolah Luar Biasa (SLB) &#xD; diperuntukan bagi ABK dalam memperoleh pendidikan. Diketahui di SLB lebih &#xD; cenderung diajarkan pelajaran vokasi atau kejuruan. Namun faktanya, mata &#xD; pelajaran umum lainnya pun juga disampaikan. Sebagai acuannya, menggunakan &#xD; kurikulum dua ribu tiga belas dengan modifikasi pada perangkat pembelajaran &#xD; menjadi program pembelajaran individual (PPI). &#xD; Sebagai sumber daya pendidikan yang utama, guru bertugas &#xD; mengembangkan potensi peserta didiknya di bidang akademik. Disamping itu, guru &#xD; juga berperan membantu dalam menemukan potensi peserta didik dibidang lain, &#xD; yang jika tepat melatihnya akan membuahkan prestasi. Dengan ini, membuat &#xD; peserta didik berkebutuhan khusus dalam meraih prestasi akademik maupun non&#xFFFD;akademik menjadi seimbang. Berhasil atau tidaknya tergantung dari bagaimana &#xD; kepala sekolah menerapkan manajemen tenaga pendidik. Dengan manajemen yang &#xD; tepat, akan berpengaruh pada pencapaian prestasi peserta didik di suatu lembaga. &#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak implementasi &#xD; manajemen tenaga pendidik dalam pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan &#xD; khusus di SLB Negeri Pangeran Cakrabuana Cirebon. Metode yang digunakan &#xD; dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa &#xD; pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan khusus bermula dari pengelolaan &#xD; sumber daya yang tepat, yakni berpacu pada management skills, yang dimulai dari &#xD; planning, organizing, actuating sampai controlling. Adapun dalam konteks ini, &#xD; besar kecilnya angka bukan menjadi indikator penentu prestasi peserta didik. &#xD; Namun, dilihat dari perkembangan dalam proses belajar. Dapat disimpulkan bahwa &#xD; implementasi manajemen tenaga pendidik berdampak dalam pencapaian prestasi &#xD; peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pangeran Cakrabuana Cirebon.</description><date>2022</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/1/Cover%2C%20Awalan%2C%20DLL%20New.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/2/BAB%20I%20New.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/3/BAB%20V%20New.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/4/Daftar%20Pustaka%20New.pdf</identifier><identifier> Alfi Fauziah, (2022) DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PANGERAN CAKRABUANA CIREBON. Masters thesis, S2 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. </identifier><relation>http://web.syekhnurjati.ac.id</relation><recordID>9984</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Alfi Fauziah,
title DAMPAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PANGERAN CAKRABUANA CIREBON
publishDate 2022
topic Pendidikan (Umum)
url http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/1/Cover%2C%20Awalan%2C%20DLL%20New.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/2/BAB%20I%20New.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/3/BAB%20V%20New.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/4/Daftar%20Pustaka%20New.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/9984/
http://web.syekhnurjati.ac.id
contents Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi seluruh umat manusia tak terkecuali anak dengan berkebutuhan khusus. Sekolah Luar Biasa (SLB) diperuntukan bagi ABK dalam memperoleh pendidikan. Diketahui di SLB lebih cenderung diajarkan pelajaran vokasi atau kejuruan. Namun faktanya, mata pelajaran umum lainnya pun juga disampaikan. Sebagai acuannya, menggunakan kurikulum dua ribu tiga belas dengan modifikasi pada perangkat pembelajaran menjadi program pembelajaran individual (PPI). Sebagai sumber daya pendidikan yang utama, guru bertugas mengembangkan potensi peserta didiknya di bidang akademik. Disamping itu, guru juga berperan membantu dalam menemukan potensi peserta didik dibidang lain, yang jika tepat melatihnya akan membuahkan prestasi. Dengan ini, membuat peserta didik berkebutuhan khusus dalam meraih prestasi akademik maupun non�akademik menjadi seimbang. Berhasil atau tidaknya tergantung dari bagaimana kepala sekolah menerapkan manajemen tenaga pendidik. Dengan manajemen yang tepat, akan berpengaruh pada pencapaian prestasi peserta didik di suatu lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak implementasi manajemen tenaga pendidik dalam pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pangeran Cakrabuana Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan khusus bermula dari pengelolaan sumber daya yang tepat, yakni berpacu pada management skills, yang dimulai dari planning, organizing, actuating sampai controlling. Adapun dalam konteks ini, besar kecilnya angka bukan menjadi indikator penentu prestasi peserta didik. Namun, dilihat dari perkembangan dalam proses belajar. Dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen tenaga pendidik berdampak dalam pencapaian prestasi peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Negeri Pangeran Cakrabuana Cirebon.
id IOS3865.9984
institution IAIN Syekh Nurjati Cirebon
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 585
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon
library_id 773
collection Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon
repository_id 3865
subject_area Islam
Psychological
Computer Science
Syariah
city KOTA CIREBON
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3865
first_indexed 2023-03-08T23:33:20Z
last_indexed 2023-03-08T23:33:20Z
recordtype dc
_version_ 1759844798038016000
score 17.538404