PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BRI SYARIAH CABANG CIREBON

Main Author: AYU NURSALAMAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/279/1/AYU%20NURSALAMAH_58320225__OK.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/279/
Daftar Isi:
  • AYU NURSALAMAH; NIM, 58320225 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah BRI Syariah Cabang Cirebon Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui kualitas pelayanan di bank syariah dalam persfektif Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari wawancara, kuesioner/angket, serta observasi. Instrumen dalam penelitian tersebut perlu melalui uji coba instrumen untuk mengetahui keshahihan (validitas) dan keterandalan (reliabilitas) instrumen. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji koefisien determinasi dan uji t), uji korelasi. Hasil penelitian diketahui pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah sebesar 84,5% berarti kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan besarnya pengaruh variabel – variabel lain terhadap kepuasan nasabah sebesar 15,5%. Kualitas pelayanan pada Bank Syari’ah dalam hal ini BRI Syariah Cabang Cirebon telah sesuai dengan syari’ah Islam. Berdasarkan hasil uji statistik korelasi, diketahui bahwa nilai signifikansi untuk variabel kualitas pelayanan adalah 0,000 jika dibandingkan maka lebih kecil dari 0,05 hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan nasabah. Pada baris Pearson Correlation didapat nilai rhitung untuk variabel kualitas pelayanan sebesar 0,919. Nilai rhitung untuk variabel kualitas pelayanan bernilai 0,919 berada pada rentang antara 0,80-1,000 berarti korelasi sangat kuat. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah