BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BILANGAN BULAT
Main Author: | Ibrahim, Mochammad Mauliddanii |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umsida.ac.id/637/1/148620600035%20M.%20Mauliddani%20Ibrahim.pdf http://eprints.umsida.ac.id/637/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar dalam memecahkan permasalahan soal cerita. Teknik pengumpulan data terdiri atas tes berpikir kritis, wawancara, dan observasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif sehingga subjek peneltiannya yaitu siswa kelas IV SDN Grogol dengan kemampuan kognitif yang berbeda-beda yaitu dari yang tinggi, sedang, hingga rendah. Dari kegiatan penelitian yang dilakukan terhadap subjek dalam menyelesaikan masalah matematika dan kegiatan wawancara diperoleh informasi proses berpikir kritis mereka. Dalam penelitian ini terdapat empat tahap proses berpikir kritis yaitu klarifikasi, assesmen, inferensi, dan strategi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang mempunyai kemampuan kognitif lebih tinggi dapat melalui seluruh tahap proses berpikir kritis, yaitu klarifikasi, assesmen, inferensi, dan strategi pada semua soal. Sedangkan dua subjek lainnya yang memiliki kemampuan kognitif sedang dan rendah tidak dapat melalui salah satu atau lebih dari empat tahap proses berpikir kritis.