PROSES BERIPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Main Author: Mas’ulah, Rahayu
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umsida.ac.id/536/1/9%2C99%20Rahayu%20Mas%2Culah-%20revisi.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/536/
ctrlnum 536
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umsida.ac.id/536/</relation><title>PROSES BERIPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA</title><creator>Mas&#x2019;ulah, Rahayu</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengamati secara mendalam proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah matematika open ended berdasarkan perbedaan kemampuan matematika, yaitu kemampuan rendah, kemampuan sedang dan kemampuan tinggi. Pengamatan proses berpikir kritis siswa menganut tahapan berpikir kritis IDEALS yaitu identify, define, enumerate, analyze, list dan self-correct. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa dengan tingkat kemampuan matematika yang berbeda, yakni 1 siswa dengan kemampuan matematika rendah, 1 siswa dengan kemampuan matematika sedang dan 1 siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Instrumen dari penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis soal matematika open ended, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes berpikir kritis untuk memecahkan masalah matematika open ended serta wawancara proses berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah analisis dari hasil tes berpikir kritis soal open ended serta analisis data hasil wawancara. Terdapat perbedaan proses berpikir kritis siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika dalam menyelesaikan masalah open ended. Subjek dengan kemampuan matematika rendah melewati tahapan berpikir kritis dengan kurang tepat sehingga hasil dari penyelesaiannya tidak dapat diterima kebenarannya. Subjek dengan kemampuan matematika sedang melewati tahapan berpikir kritis dengan cukup baik, meskipun terdapat beberapa hal yang kurang spesifik pada tahap-tahapnya. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi dapat melewati tahapan berpikir kritis dengan baik. Tahap demi tahap dipaparkan dengan jelas dan detail, sehingga kebenaran jawabannya dapat diterima.</description><date>2017-08-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_4</rights><identifier>http://eprints.umsida.ac.id/536/1/9%2C99%20Rahayu%20Mas%2Culah-%20revisi.pdf</identifier><identifier> Mas&#x2019;ulah, Rahayu (2017) PROSES BERIPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. </identifier><recordID>536</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mas’ulah, Rahayu
title PROSES BERIPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
publishDate 2017
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1501 Primary Education
url http://eprints.umsida.ac.id/536/1/9%2C99%20Rahayu%20Mas%2Culah-%20revisi.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/536/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengamati secara mendalam proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah matematika open ended berdasarkan perbedaan kemampuan matematika, yaitu kemampuan rendah, kemampuan sedang dan kemampuan tinggi. Pengamatan proses berpikir kritis siswa menganut tahapan berpikir kritis IDEALS yaitu identify, define, enumerate, analyze, list dan self-correct. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa dengan tingkat kemampuan matematika yang berbeda, yakni 1 siswa dengan kemampuan matematika rendah, 1 siswa dengan kemampuan matematika sedang dan 1 siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Instrumen dari penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis soal matematika open ended, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes berpikir kritis untuk memecahkan masalah matematika open ended serta wawancara proses berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah analisis dari hasil tes berpikir kritis soal open ended serta analisis data hasil wawancara. Terdapat perbedaan proses berpikir kritis siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika dalam menyelesaikan masalah open ended. Subjek dengan kemampuan matematika rendah melewati tahapan berpikir kritis dengan kurang tepat sehingga hasil dari penyelesaiannya tidak dapat diterima kebenarannya. Subjek dengan kemampuan matematika sedang melewati tahapan berpikir kritis dengan cukup baik, meskipun terdapat beberapa hal yang kurang spesifik pada tahap-tahapnya. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi dapat melewati tahapan berpikir kritis dengan baik. Tahap demi tahap dipaparkan dengan jelas dan detail, sehingga kebenaran jawabannya dapat diterima.
id IOS3709.536
institution Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
institution_id 408
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
library_id 553
collection Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
repository_id 3709
subject_area Higher Education, Universities/Pendidikan Tinggi, Unversitas
Law/Ilmu Hukum
Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Muhammadiyah
city SIDOARJO
province JAWA TIMUR
repoId IOS3709
first_indexed 2017-09-10T01:29:52Z
last_indexed 2017-09-10T01:29:52Z
recordtype dc
_version_ 1763279307346542592
score 17.538404