ctrlnum 1361
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/</relation><title>Analisa Industri Perbankan dan Persepsi Konsumen Tabungan serta Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Studi Kasus PT Bank X Cabang Gambir Jakarta)&#xD; </title><creator>Nurgraha, Sujadi Mulyana</creator><subject>Manajemen Pemasaran</subject><description>Bisnis perbankan merupakan bisnis dengan tingkat persaingan yang tinggi,&#xD; terutama setelah dikeluarkannya Paket Kebijaksanaan 27 Oktober 1988 yang&#xD; isinya antara lain mengizinkan bank-bank yang sudah beroperasi membuka kantor&#xD; cabang baru dan diizinkan pula membuka bank baru. Industri perbankan&#xD; merupakan industri yang sangat menarik, ha1 ini terlihat dengan menjamurnya&#xD; bank-bank swasta yang turut dalam persaingan yang ketat.&#xD; PT Bank X merupakan bank pemerintah yang telah go public serta&#xD; mempunyai kinerja yang baik yang ditunjukkan dengan peningkatan dana yang&#xD; terhimpun tiap tahunnya. Walaupun demikian, PT Bank X harus dapat&#xD; mengantisipasi tantangan persaingan yang dilakukan oleh pesaingnya. Produk&#xD; yang ditawarkan oleh PT Bank X seperti tabungan "P" yang merupakan produk&#xD; jasa, keberhasilannya juga sangat ditentukan oleh konsumennya. Untuk itu salah&#xD; satu cara untuk mempertahankan dana yang terhimpun atau bahkan&#xD; meningkatkannya, PT Bank X perlu mengetahui persepsi serta keinginan&#xD; konsumennya sehingga kegiatan pemasaran dapat lebih efektif.&#xD; Penelitian dilakukan di salah satu cabang PT Bank X yang berada di&#xD; Jakarta. Penelitian ini merupakan studi kasus serta riset pasar. Responden pada&#xD; riset pasar adalah konsumen bank yang berusia 15-55 tahun yang tinggal di&#xD; Jakarta, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan cara kemudahan.&#xD; Metode analisis yang digunakan adalah analisis industri, analisis deskriptif,&#xD; analisis citra serta analisis multri atribut.&#xD; Adapun hasil paling menarik dari penelitian ini adalah adanya&#xD; kecederungan konsumen yang berusia di bawah 30 tahun lebih memilih Bank&#xD; BCA sedangkan untuk konsumen yang berusia di atas 30 tahun cenderung lebih&#xD; memilih PT Bank X. Selain itu, untuk kosumen yang mempunyai pekerjaan&#xD; sebagai pegawai negeri cenderung memilih PT Bank X sedangkan pegawai&#xD; swasta cenderung lebih memilih bank swasta.&#xD; Dari hasil penelitian, rekomendasi strategi yang diberikan dalam rangka&#xD; mempertahankan serta meningkatkan konsumen serta dana yang terhimpun&#xD; diantaranya adalah: (1). untuk dapat meningkatkan jumlah konsumen yang&#xD; berusia muda, PT Bank X perlu memberikan fasilitas teknologi sesuai dengan&#xD; yang diharapkan oleh konsumen usia muda, juga perlu mengadakan hubungan&#xD; dengan organisasi kepemudaan serta perlu meningkatkan hubungan universitas&#xD; swasta selain universitas negeri sampai sekolah-sekolah menengah, (2). untuk&#xD; dapat meningkatkan konsumen yang mempunyai pekerjaan sebagai karyawan&#xD; swasta, PT Bank X selain terus meningkatkan hubungan dengan instansi&#xD; pemerintah, juga perlu mengadakan hubungan dengan instansi swasta, (3).&#xD; Kegiatan promosi yang mengkomunikasikan bank maupun produk tabungan "P"&#xD; seperti yang telah dilakukan, perlu terus dilakukan mengingat kegiatan&#xD; komunikasi ini efektif, (4). PT Bank X perlu terus menjaga kedekatannya dengan&#xD; konsumen.&#xD; </description><date>1997</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/1/R10-_01-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Cover.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/2/R10-_02-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_RE.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/3/R10-_03-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_DaIsi.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/4/R10-_04-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Bab1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/5/R10-_05-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Bab2DST.pdf</identifier><identifier> Nurgraha, Sujadi Mulyana (1997) Analisa Industri Perbankan dan Persepsi Konsumen Tabungan serta Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Studi Kasus PT Bank X Cabang Gambir Jakarta). Masters thesis, Institut Pertanian Bogor. </identifier><recordID>1361</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Nurgraha, Sujadi Mulyana
title Analisa Industri Perbankan dan Persepsi Konsumen Tabungan serta Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Studi Kasus PT Bank X Cabang Gambir Jakarta)
publishDate 1997
topic Manajemen Pemasaran
url http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/1/R10-_01-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Cover.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/2/R10-_02-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_RE.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/3/R10-_03-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_DaIsi.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/4/R10-_04-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Bab1.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/5/R10-_05-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Bab2DST.pdf
http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/
contents Bisnis perbankan merupakan bisnis dengan tingkat persaingan yang tinggi, terutama setelah dikeluarkannya Paket Kebijaksanaan 27 Oktober 1988 yang isinya antara lain mengizinkan bank-bank yang sudah beroperasi membuka kantor cabang baru dan diizinkan pula membuka bank baru. Industri perbankan merupakan industri yang sangat menarik, ha1 ini terlihat dengan menjamurnya bank-bank swasta yang turut dalam persaingan yang ketat. PT Bank X merupakan bank pemerintah yang telah go public serta mempunyai kinerja yang baik yang ditunjukkan dengan peningkatan dana yang terhimpun tiap tahunnya. Walaupun demikian, PT Bank X harus dapat mengantisipasi tantangan persaingan yang dilakukan oleh pesaingnya. Produk yang ditawarkan oleh PT Bank X seperti tabungan "P" yang merupakan produk jasa, keberhasilannya juga sangat ditentukan oleh konsumennya. Untuk itu salah satu cara untuk mempertahankan dana yang terhimpun atau bahkan meningkatkannya, PT Bank X perlu mengetahui persepsi serta keinginan konsumennya sehingga kegiatan pemasaran dapat lebih efektif. Penelitian dilakukan di salah satu cabang PT Bank X yang berada di Jakarta. Penelitian ini merupakan studi kasus serta riset pasar. Responden pada riset pasar adalah konsumen bank yang berusia 15-55 tahun yang tinggal di Jakarta, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan cara kemudahan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis industri, analisis deskriptif, analisis citra serta analisis multri atribut. Adapun hasil paling menarik dari penelitian ini adalah adanya kecederungan konsumen yang berusia di bawah 30 tahun lebih memilih Bank BCA sedangkan untuk konsumen yang berusia di atas 30 tahun cenderung lebih memilih PT Bank X. Selain itu, untuk kosumen yang mempunyai pekerjaan sebagai pegawai negeri cenderung memilih PT Bank X sedangkan pegawai swasta cenderung lebih memilih bank swasta. Dari hasil penelitian, rekomendasi strategi yang diberikan dalam rangka mempertahankan serta meningkatkan konsumen serta dana yang terhimpun diantaranya adalah: (1). untuk dapat meningkatkan jumlah konsumen yang berusia muda, PT Bank X perlu memberikan fasilitas teknologi sesuai dengan yang diharapkan oleh konsumen usia muda, juga perlu mengadakan hubungan dengan organisasi kepemudaan serta perlu meningkatkan hubungan universitas swasta selain universitas negeri sampai sekolah-sekolah menengah, (2). untuk dapat meningkatkan konsumen yang mempunyai pekerjaan sebagai karyawan swasta, PT Bank X selain terus meningkatkan hubungan dengan instansi pemerintah, juga perlu mengadakan hubungan dengan instansi swasta, (3). Kegiatan promosi yang mengkomunikasikan bank maupun produk tabungan "P" seperti yang telah dilakukan, perlu terus dilakukan mengingat kegiatan komunikasi ini efektif, (4). PT Bank X perlu terus menjaga kedekatannya dengan konsumen.
id IOS3669.1361
institution Institut Pertanian Bogor
institution_id 20
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Sekolah Bisnis
library_id 692
collection Repositori Sekolah Bisnis IPB
repository_id 3669
subject_area Business/Bisnis
Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
city BOGOR
province JAWA BARAT
repoId IOS3669
first_indexed 2016-11-17T00:05:30Z
last_indexed 2016-11-17T00:05:30Z
recordtype dc
_version_ 1763211584431194112
score 17.538404