Analisa Industri Perbankan dan Persepsi Konsumen Tabungan serta Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Studi Kasus PT Bank X Cabang Gambir Jakarta)
Main Author: | Nurgraha, Sujadi Mulyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 1997
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/1/R10-_01-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Cover.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/2/R10-_02-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_RE.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/3/R10-_03-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_DaIsi.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/4/R10-_04-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Bab1.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/5/R10-_05-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Bab2DST.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/ |
ctrlnum |
1361 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/</relation><title>Analisa Industri Perbankan dan Persepsi Konsumen Tabungan serta Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Studi Kasus PT Bank X Cabang Gambir Jakarta)
</title><creator>Nurgraha, Sujadi Mulyana</creator><subject>Manajemen Pemasaran</subject><description>Bisnis perbankan merupakan bisnis dengan tingkat persaingan yang tinggi,
terutama setelah dikeluarkannya Paket Kebijaksanaan 27 Oktober 1988 yang
isinya antara lain mengizinkan bank-bank yang sudah beroperasi membuka kantor
cabang baru dan diizinkan pula membuka bank baru. Industri perbankan
merupakan industri yang sangat menarik, ha1 ini terlihat dengan menjamurnya
bank-bank swasta yang turut dalam persaingan yang ketat.
PT Bank X merupakan bank pemerintah yang telah go public serta
mempunyai kinerja yang baik yang ditunjukkan dengan peningkatan dana yang
terhimpun tiap tahunnya. Walaupun demikian, PT Bank X harus dapat
mengantisipasi tantangan persaingan yang dilakukan oleh pesaingnya. Produk
yang ditawarkan oleh PT Bank X seperti tabungan "P" yang merupakan produk
jasa, keberhasilannya juga sangat ditentukan oleh konsumennya. Untuk itu salah
satu cara untuk mempertahankan dana yang terhimpun atau bahkan
meningkatkannya, PT Bank X perlu mengetahui persepsi serta keinginan
konsumennya sehingga kegiatan pemasaran dapat lebih efektif.
Penelitian dilakukan di salah satu cabang PT Bank X yang berada di
Jakarta. Penelitian ini merupakan studi kasus serta riset pasar. Responden pada
riset pasar adalah konsumen bank yang berusia 15-55 tahun yang tinggal di
Jakarta, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan cara kemudahan.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis industri, analisis deskriptif,
analisis citra serta analisis multri atribut.
Adapun hasil paling menarik dari penelitian ini adalah adanya
kecederungan konsumen yang berusia di bawah 30 tahun lebih memilih Bank
BCA sedangkan untuk konsumen yang berusia di atas 30 tahun cenderung lebih
memilih PT Bank X. Selain itu, untuk kosumen yang mempunyai pekerjaan
sebagai pegawai negeri cenderung memilih PT Bank X sedangkan pegawai
swasta cenderung lebih memilih bank swasta.
Dari hasil penelitian, rekomendasi strategi yang diberikan dalam rangka
mempertahankan serta meningkatkan konsumen serta dana yang terhimpun
diantaranya adalah: (1). untuk dapat meningkatkan jumlah konsumen yang
berusia muda, PT Bank X perlu memberikan fasilitas teknologi sesuai dengan
yang diharapkan oleh konsumen usia muda, juga perlu mengadakan hubungan
dengan organisasi kepemudaan serta perlu meningkatkan hubungan universitas
swasta selain universitas negeri sampai sekolah-sekolah menengah, (2). untuk
dapat meningkatkan konsumen yang mempunyai pekerjaan sebagai karyawan
swasta, PT Bank X selain terus meningkatkan hubungan dengan instansi
pemerintah, juga perlu mengadakan hubungan dengan instansi swasta, (3).
Kegiatan promosi yang mengkomunikasikan bank maupun produk tabungan "P"
seperti yang telah dilakukan, perlu terus dilakukan mengingat kegiatan
komunikasi ini efektif, (4). PT Bank X perlu terus menjaga kedekatannya dengan
konsumen.
</description><date>1997</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/1/R10-_01-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Cover.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/2/R10-_02-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_RE.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/3/R10-_03-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_DaIsi.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/4/R10-_04-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Bab1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/5/R10-_05-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Bab2DST.pdf</identifier><identifier> Nurgraha, Sujadi Mulyana (1997) Analisa Industri Perbankan dan Persepsi Konsumen Tabungan serta Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Studi Kasus PT Bank X Cabang Gambir Jakarta). Masters thesis, Institut Pertanian Bogor. </identifier><recordID>1361</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Nurgraha, Sujadi Mulyana |
title |
Analisa Industri Perbankan dan Persepsi Konsumen Tabungan serta Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Studi Kasus PT Bank X Cabang Gambir Jakarta) |
publishDate |
1997 |
topic |
Manajemen Pemasaran |
url |
http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/1/R10-_01-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Cover.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/2/R10-_02-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_RE.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/3/R10-_03-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_DaIsi.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/4/R10-_04-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Bab1.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/5/R10-_05-_Sujadi_Mulyana_Nugraha_-_Bab2DST.pdf http://repository.sb.ipb.ac.id/1361/ |
contents |
Bisnis perbankan merupakan bisnis dengan tingkat persaingan yang tinggi,
terutama setelah dikeluarkannya Paket Kebijaksanaan 27 Oktober 1988 yang
isinya antara lain mengizinkan bank-bank yang sudah beroperasi membuka kantor
cabang baru dan diizinkan pula membuka bank baru. Industri perbankan
merupakan industri yang sangat menarik, ha1 ini terlihat dengan menjamurnya
bank-bank swasta yang turut dalam persaingan yang ketat.
PT Bank X merupakan bank pemerintah yang telah go public serta
mempunyai kinerja yang baik yang ditunjukkan dengan peningkatan dana yang
terhimpun tiap tahunnya. Walaupun demikian, PT Bank X harus dapat
mengantisipasi tantangan persaingan yang dilakukan oleh pesaingnya. Produk
yang ditawarkan oleh PT Bank X seperti tabungan "P" yang merupakan produk
jasa, keberhasilannya juga sangat ditentukan oleh konsumennya. Untuk itu salah
satu cara untuk mempertahankan dana yang terhimpun atau bahkan
meningkatkannya, PT Bank X perlu mengetahui persepsi serta keinginan
konsumennya sehingga kegiatan pemasaran dapat lebih efektif.
Penelitian dilakukan di salah satu cabang PT Bank X yang berada di
Jakarta. Penelitian ini merupakan studi kasus serta riset pasar. Responden pada
riset pasar adalah konsumen bank yang berusia 15-55 tahun yang tinggal di
Jakarta, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan cara kemudahan.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis industri, analisis deskriptif,
analisis citra serta analisis multri atribut.
Adapun hasil paling menarik dari penelitian ini adalah adanya
kecederungan konsumen yang berusia di bawah 30 tahun lebih memilih Bank
BCA sedangkan untuk konsumen yang berusia di atas 30 tahun cenderung lebih
memilih PT Bank X. Selain itu, untuk kosumen yang mempunyai pekerjaan
sebagai pegawai negeri cenderung memilih PT Bank X sedangkan pegawai
swasta cenderung lebih memilih bank swasta.
Dari hasil penelitian, rekomendasi strategi yang diberikan dalam rangka
mempertahankan serta meningkatkan konsumen serta dana yang terhimpun
diantaranya adalah: (1). untuk dapat meningkatkan jumlah konsumen yang
berusia muda, PT Bank X perlu memberikan fasilitas teknologi sesuai dengan
yang diharapkan oleh konsumen usia muda, juga perlu mengadakan hubungan
dengan organisasi kepemudaan serta perlu meningkatkan hubungan universitas
swasta selain universitas negeri sampai sekolah-sekolah menengah, (2). untuk
dapat meningkatkan konsumen yang mempunyai pekerjaan sebagai karyawan
swasta, PT Bank X selain terus meningkatkan hubungan dengan instansi
pemerintah, juga perlu mengadakan hubungan dengan instansi swasta, (3).
Kegiatan promosi yang mengkomunikasikan bank maupun produk tabungan "P"
seperti yang telah dilakukan, perlu terus dilakukan mengingat kegiatan
komunikasi ini efektif, (4). PT Bank X perlu terus menjaga kedekatannya dengan
konsumen.
|
id |
IOS3669.1361 |
institution |
Institut Pertanian Bogor |
institution_id |
20 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Sekolah Bisnis |
library_id |
692 |
collection |
Repositori Sekolah Bisnis IPB |
repository_id |
3669 |
subject_area |
Business/Bisnis Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi |
city |
BOGOR |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3669 |
first_indexed |
2016-11-17T00:05:30Z |
last_indexed |
2016-11-17T00:05:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763211584431194112 |
score |
17.538404 |