Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar
Main Author: | Hasmawati, Hasmawati |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8168/1/HASMAWATI.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8168/ |
Daftar Isi:
- Adapun kemampuan metakognitif peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada peserta didik kelas VIII B1 menunjukkan sekor rata-rata 25,63 dan skor kemampuan metakognitif setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada peserta didik kelas VIII B1 menunjukkan sekor rata-rata 31,33. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan dengan menggunakan uji paired-sample t test menunjukkan sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 ini berarti hipotesis dari penelitian terhadap pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan metakognitif peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan metakognitif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar.