Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar

Main Author: Hasmawati, Hasmawati
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8168/1/HASMAWATI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8168/
ctrlnum 8168
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8168/</relation><title>Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar</title><creator>Hasmawati, Hasmawati</creator><subject>2X7.31 Pendidikan Islam--Metoda, Sistem dan Media</subject><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Adapun kemampuan metakognitif peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada peserta didik kelas VIII B1 menunjukkan sekor rata-rata 25,63 dan skor kemampuan metakognitif setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada peserta didik kelas VIII B1 menunjukkan sekor rata-rata 31,33. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan dengan menggunakan uji paired-sample t test menunjukkan sig. (2-tailed) sebesar 0,00 &lt; 0,05 ini berarti hipotesis dari penelitian terhadap pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan metakognitif peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan metakognitif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar.</description><date>2017</date><type>Report:Report</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8168/1/HASMAWATI.pdf</identifier><identifier> Hasmawati, Hasmawati (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. </identifier><recordID>8168</recordID></dc>
language ind
format Report:Report
Report
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hasmawati, Hasmawati
title Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar
publishDate 2017
topic 2X7.31 Pendidikan Islam--Metoda
Sistem dan Media
371.3 Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8168/1/HASMAWATI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8168/
contents Adapun kemampuan metakognitif peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada peserta didik kelas VIII B1 menunjukkan sekor rata-rata 25,63 dan skor kemampuan metakognitif setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada peserta didik kelas VIII B1 menunjukkan sekor rata-rata 31,33. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan dengan menggunakan uji paired-sample t test menunjukkan sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 ini berarti hipotesis dari penelitian terhadap pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan metakognitif peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan metakognitif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar.
id IOS3661.8168
institution UIN Alauddin Makassar
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 497
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar
library_id 627
collection Repository UIN Alauddin Makassar
repository_id 3661
subject_area Islam/Agama Islam
Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Humanities/Humanisme
Islam and Social Sciences/Islam dan Ilmu-ilmu Sosial
city GOWA
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3661
first_indexed 2018-03-10T02:07:28Z
last_indexed 2018-03-10T02:07:28Z
recordtype dc
_version_ 1763195796476395520
score 17.538404