Perbandingan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrate Reading and Composition) dan SQ3R (Survey, Question, Reading, Recite, and Review) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII SMPN 4 Tombolo’pao

Main Author: Najmawati, Najmawati
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12607/1/Perbandingan%20Model%20Pembelajaran%20CIRC%20%28Cooperative%20Integrate%20Reading%20and%20Composition%29%20dan%20SQ3R%20%28Survey%2C%20Question%2C%20Reading%2C%20Recite%20and%20Review%29%20terhadap%20Hasil%20Belajar%20Peserta%20Didik%20Mata%20Pelajaran%20Biologi%20Kelas%20VIII%20SMPN%204%20Tombolo%27Pao.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12607/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC adalah 77,5 berada pada kategori tinggi sedangkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 76,8. Selanjutnya, hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA Biologi peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan SQ3R dimana dengan hasil perhitungan nilai t hitung > t tabel (0,396 > 0,05) yang berarti H0 diterima. Berdasarkan hasilnpenelitian tersebut dapat diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas SMP Negeri 4 Tombolo’pao.