Pengaruh Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Terhadap Kepuasan Peserta (Pelanggan) Dengan Mediasi Kualitas Layanan

Main Author: Erna Nur Ma'sumah
Format: Journal
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Implementasi Sistem Manajemen Mutu dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Peserta (Pelanggan), serta Implementasi Sistem Manajemen Mutu terhadap Kualitas Layanan. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada peserta PT. Taspen. Analisis regresi digunakan untuk membuktikan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Manajemen Kualitas dan Kualitas Layanan mempengaruhi Kepuasan Peserta dan Implementasi Sistem Manajemen Kualitas mempengaruhi Kualitas Layanan. Implementasi Sistem Manajemen Mutu memiliki efek yang lemah pada Kepuasan Peserta. Studi ini juga menunjukkan bahwa Penerapan Sistem Manajemen Mutu untuk Kepuasan Peserta dimediasi oleh Kualitas Layanan. Hasil ini memiliki beberapa implikasi manajerial.