The Effectiveness of Student Team Achievement Division (STAD) towards Students' Speaking Ability: A Quasi-eexperimental Study at lbe Eleventh Grade Students of SMK Puspita Bangsa in Academic Year 2015/2016
Main Author: | Ervi Nur Azizah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-11/88253-ERVI NUR AZIZAH-FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan ?Student Team Achievement Division (STAD)? terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas XI di SMK Puspita Bangsa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode quantitative dan metode penelitian kuasie kspermen. Instrument yang digunakan adalah tes lisan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Puspita Bangsa. Kemudian, peneliti mengambil 2 kelas sebagai sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.1 sebagai kelas control dan X.3 sebagai kelas eksperiment. Adapun masing-masing kelas memiliki jumlah siswa yaitu 35 siswa dikelas X.1 dan 37 siswa dikelas X.3. Dalam pengambilan sampel, teknik yang digunakan yaitu purposive sampling. Untuk memastikan reliabilitas dari instrument tersebut, peneliti menggunakan analytical scroring yang diadaptasi dari David P Harris untuk menilai hasil pre-test dan post-test siswa dalam kemampuan berbicara. Di akhir penelian, peneliti menyimpulkan keefektifan penggunaan STAD dalam kemampuan berbicara siswa dengan membandingkan antara nilai pre-test dan post-test dua kelas. Dari hasil penelitian menunjukan siswa yang belajar menggunakan STAD memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan STAD. Itu dapat dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas experiment 71 dan kelas control 64. Sedangkan untuk hasil perhitungan hipotesis statistic ditemukan bahwa pada taraf signifikansi 5%, thitung adalah 3.87, sedangkan ttabel adalah 1.686. Hal ini menandakan thitung > ttabel. Dari hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa T0 (Hipotesis Alternative) diterimadan H0 (Hipotesis Null) ditolak. Dengan kata lain, bahwa penggunaan metode STAD efektif dalam kemampuan berbicara siswa kelas XI di SMK Puspita Bangsa tahun ajaran 2015/2016