Pengaruh model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa

Main Author: Nurul Hidayatur Rahmah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-12/83826-NURUL HIDAYATUR RAHMAH-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di salah satu MTs Negeri di Jakarta tahun ajaran 2015/2016, bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only, yang melibatkan dua kelas sebagai sampel. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang terdiri dari kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model POGIL dan kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan model ekspositori. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dan wawancara terhadap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model POGIL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai p-value = 0,0015 < &#945; (0,05), artinya kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diajarkan dengan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori