Analisis semiotik kecantikan wanita muslimah pada iklan shampo sunsilk clean and fresh versi Laudya Cintya Bella

Main Author: Rezania Meidiati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/82011-REZANIA MEIDIATI-FDK.pdf
Daftar Isi:
  • Majunya teknologi di Indonesia, membuat mudahnya proses informasi masyarakat. Televisi merupakan bagian dari perkembangan teknologi komunikasi yang mampu memberikan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Media elektronik televisi juga menyajikan iklan dari berbagai jenis produk. Kekuatan televisi mampu mempengaruhi komunikan ketika penyampaian pesan karena menggunakan media audio dan visual yang memiliki pengaruh yang cukup besar ketika informasi tersebut diterima oleh komunikan. Begitu pula dengan shampo Sunsilk Clean and Fresh yang menggunakan iklan di televisi sebagai kekuatan untuk mempengaruhi khalayak. Dalam hal ini iklan shampo Sunsilk Clean and Fresh versi Laudya Cintya Bella sebagai hasil kontruksi yang digambarkan oleh media televisi. Iklan ini menggambarkan kecantikan ideal pada wanita muslimah dengan dengan kebersihan, kesegaran dan kerapihan dalam berbagai aspek. Selain itu kecantikan dinilai dari gaya hijab modern yang dikenakan oleh aktris. Padahal kecantikan merupakan sesuatu yang relatif. Kemudian muncul rumusan pertanyaan bagaimana ikon, indeks dan simbol kecantikan wanita muslimah pada iklan shampo Sunsilk Clean and Fresh Versi Laudya Cintya Bella? Melihat konteks penelitian ini, tinjauan teoritis yang digunakan adalah teori semiotika menurut Charles Sanders Pierce yaitu dengan melihat tanda ikon, indeks dan simbol. Ikon adalah tanda yang hubungan antara penanda dan petandanya bersifat bersamaan bentuk alamiah. Indeks adalah tanda yang menunjukkan adanya hubungan alamiah antara tanda dan petanda yang bersifat kausal atau hubungan sebab akibat, atau tanda yang langsung mengacu pada kenyataan. Dan simbol merupakan jenis tanda yang bersifat arbiter dan konvensi sejumlah orang atau masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotik yang bersifat kualitatif model deskriptif. Data yang didapatkan dalam penelitian ini bersumber dari iklan shampo Sunsilk Clean and Fresh versi Laudya Cintya Bella, digabungkan dengan buku-buku teoritis yang membahasa mengenai iklan dan kecantikan. Kesimpulannya adalah dalam iklan shampo Sunsilk Clean and Fresh versi Laudya Cintya Bella ini terdapat beberapa jenis kecantikan yang digambarkan melalui pemeran wanita muslimah yaitu Laudya Cintya Bella. Terdapat kecantikan wajah, kecantikan tubuh, kecantikan busana modern, kecantikan dengan rambut bersih yang tertutup hijab dan kecantikan hati. Konsep kecantikan di atas dapat mengkontruksi khalayak sebagai kategori kecantikan yang ideal. Sehingga peneliti mengajukan penelitian agar khalayak khususnya wanita muslimah, tidak terjebak dalam streotype-streotype dalam iklan yang memaknai kecantikan hanya dari penampilan konsep iklan produk-produk kecantikan.