Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Menggunakan Model Rotating Trio Exchange (Rte) Dengan Think Pair Share (Tps) Pada Konsep Virus
Main Author: | Eny Rahayu |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81497-ENY RAHAYU-PPS.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran model rotating trio exchange dan tipe think pair share pada konsep virus. Penelitian ini dilakukan di SMAN 28 Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2014/2015 dengan metode kuasi eksperimen yang menggunakan desain two group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 yang berjulah 43 orang sebagai kelas eksperimen I (kelas yang menggunakan model rotating trio exchange) dan siswa kelas X MIA 2 berjumlah 43 orang sebagai kelas eksperimen II (kelas yang menggunakan model think pair share). Analisis data kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 1,744 Dan ttabel 0,16828 pada taraf siginifikan α = 0,05 maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model rotating trio exchange dan think pair share pada konsep virus.