Pengaruh Model guided discovery learning terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi (quasi eksperimen di SMAN 72 Jakarta Utara)

Main Author: MUTOHAROH, Siti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMAN 72 Jakarta Utara pada bulan September hingga Oktober 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, sampel diambil secara purposive sampling dari 69 siswa dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah control group pretes-posttest. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen (rata-rata=72,8 dan simpangan baku=9,53 ) lebih tinggi dari kelompok kontrol (rata-rata=54,86 dan simpangan baku=8,06 ) dan setelah dilakukan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 8,8 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 2 atau thitung > ttabel . Maka dapat disimpulkan menolak Ho, dan Ha yang menyatakan terdapat pengaruh penerapan model guided discovery learning terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model guided discovery learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi.