Perbandingan pembelajaran aktif model index card match dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa (quasi eksperimen di MTs Nurul Anwar Bekasi Utara)
Main Author: | CHASANAH, Nur |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Pembelajaran Aktif Model Index Card Match Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Anwar Bekasi Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purpose sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar IPS pada mata pelajaran Ekonomi yang terdiri dari 7 soal uraian. Analisis data menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung = 6,034, sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 70, yaitu sebesar 2,00, maka dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Perbandingan Pembelajaran Aktif Model Index Card Match Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Model Index Card Match, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar.