Upaya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui pendekatan pembelajaran cooperative learning dengan tipe jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Alwathoniyah 10 Cakung Jakarta Timur

Main Author: Syarifudin Zuhry Has
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Selama ini proses pembelajaran masih menganut model konvensional, yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan selama itu pula kemampuan siswa untuk aktif dan mandiri tidak tampak. Pembelajaran konvensional menganggap guru satu-satunya sumber belajar. Penelitian ini bertujuan : (1) mengungkapkan pendekatan pembelajaran cooperative learning dengan tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS, (2) Mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di MI. Alwathoniyah 10. Penelitian dilaksanakan di MI. Alwathoniyah 10 Jakarta dalam bentuk PTK. Tahap penelitian berupa siklus yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi; pengukuran tes hasil belajar; dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran cooperative learning dengan tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran cooperative learning dengan tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Ini terbukti Tingkat keberhasilan yang dicapai siswa pada siklus I meningkat dari tingkat keberhasilan pre tes menjadi 66% atau sebanyak 23 siswa dari 35 peserta tes yang dinyatakan lulus. Sedangkan yang gagal sebanyak 12 siswa atau sebesar 34%, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 100% atau seluruh siswa peserta tes yang dinyatakan tuntas. Begitu juga berdasarkan hasil tes kelompok menunjukkan semua kelompok memperoleh skor dalam rentang tuntas