Peningkatan hasil belajar matematika pada materi jaring-jaring bangun ruang melalui metode penemuan terbimbing

Main Author: Darojatul Istiqomah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research), penelitian dilakukan dengan pertemuan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah MI. Assyairiyah Attahiriyah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media gambar dari karton. Berdasarkan analisis hasil penelitian mengungkapkan, bahwa melalui metode penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI. Assyairiyah Attahiriyah. Hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 16,6% dan siklus II sebesar 87,5%. Dengan demikian peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 70,9% dari kriteria ketuntasan hasil belajar matematika yang telah ditetapkan yaitu 70%. Selain itu berdasarkan skor aktivitas guru terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 36,5 atau 56,95% menjadi 52,5 atau 82,03% pada siklus II. Menurut analisis perolehan skor aktivitas guru di atas terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 25,08%.