Analisis buku sekolah elektronik (BSE) kimia berdasarkan literasi sains

Main Author: Muhammad Mukhlisin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan buku ajar yang memenuhi kriteria literasi sains, agar dapat meningkatkan pemahaman sains dan pada akhirnya dapat meningkatkan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ruang lingkup literasi sains yang meliputi pengetahuan sains, penyelidikan tentang hakikat sains, sains sebagai cara berfikir, dan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat pada buku sekolah elektronik kimia kelas X yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penulis menggunakan metode deskriptif dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah semua materi pada buku sekolah elektronik kimia kelas X yang dianalisis dan sampel dalam penelitian ini adalah beberapa materi pada buku yang dianalisis, yang diambil sebanyak 30% secara acak, dengan teknik multistage sampling. Data dijaring menggunakan instrumen berupa lembar observasi indikator literasi sains. Hasil observasi oleh pengamat I kemudian diobservasi kembali oleh pengamat II dan ditentukan koefisien kesepakatan antara dua pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori literasi sains yang paling banyak muncul adalah pengetahuan sains (74,51%), penyelidikan tentang hakikat sains (4,88%), sains sebagai cara berfikir (7,95%), dan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat (12,64%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku sekolah elektronik yang dianalisis, lebih menenkankan pada pengetahuan sains.