Analisis buku sekolah elektronik (BSE) kimia berdasarkan literasi sains
Main Author: | Muhammad Mukhlisin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
ctrlnum |
54626 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Analisis buku sekolah elektronik (BSE) kimia berdasarkan literasi sains</title><creator>Muhammad Mukhlisin</creator><type>Thesis:Bachelors</type><publisher>Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan</publisher><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan buku ajar yang memenuhi kriteria literasi sains, agar dapat meningkatkan pemahaman sains dan pada akhirnya dapat meningkatkan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ruang lingkup literasi sains yang meliputi pengetahuan sains, penyelidikan tentang hakikat sains, sains sebagai cara berfikir, dan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat pada buku sekolah elektronik kimia kelas X yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penulis menggunakan metode deskriptif dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah semua materi pada buku sekolah elektronik kimia kelas X yang dianalisis dan sampel dalam penelitian ini adalah beberapa materi pada buku yang dianalisis, yang diambil sebanyak 30% secara acak, dengan teknik multistage sampling. Data dijaring menggunakan instrumen berupa lembar observasi indikator literasi sains. Hasil observasi oleh pengamat I kemudian diobservasi kembali oleh pengamat II dan ditentukan koefisien kesepakatan antara dua pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori literasi sains yang paling banyak muncul adalah pengetahuan sains (74,51%), penyelidikan tentang hakikat sains (4,88%), sains sebagai cara berfikir (7,95%), dan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat (12,64%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku sekolah elektronik yang dianalisis, lebih menenkankan pada pengetahuan sains.</description><subject>ILMU-ILMU ALAM - PEMBELAJARAN</subject><identifier>54626</identifier><recordID>54626</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis |
author |
Muhammad Mukhlisin |
title |
Analisis buku sekolah elektronik (BSE) kimia berdasarkan literasi sains |
publisher |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan |
topic |
ILMU-ILMU ALAM - PEMBELAJARAN |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan buku ajar yang memenuhi kriteria literasi sains, agar dapat meningkatkan pemahaman sains dan pada akhirnya dapat meningkatkan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ruang lingkup literasi sains yang meliputi pengetahuan sains, penyelidikan tentang hakikat sains, sains sebagai cara berfikir, dan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat pada buku sekolah elektronik kimia kelas X yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penulis menggunakan metode deskriptif dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah semua materi pada buku sekolah elektronik kimia kelas X yang dianalisis dan sampel dalam penelitian ini adalah beberapa materi pada buku yang dianalisis, yang diambil sebanyak 30% secara acak, dengan teknik multistage sampling. Data dijaring menggunakan instrumen berupa lembar observasi indikator literasi sains. Hasil observasi oleh pengamat I kemudian diobservasi kembali oleh pengamat II dan ditentukan koefisien kesepakatan antara dua pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori literasi sains yang paling banyak muncul adalah pengetahuan sains (74,51%), penyelidikan tentang hakikat sains (4,88%), sains sebagai cara berfikir (7,95%), dan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat (12,64%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku sekolah elektronik yang dianalisis, lebih menenkankan pada pengetahuan sains. |
id |
IOS3659.54626 |
institution |
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |
affiliation |
fkp2tn.onesearch.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
394 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |
library_id |
459 |
collection |
OPAC Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |
repository_id |
3659 |
subject_area |
Islam/Agama Islam Computer Science Education/Pendidikan Ilmu Komputer, Pendidikan Teknik Informatika Islam dan Ilmu Sosial Medicine and Health/Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan |
city |
KOTA TANGERANG SELATAN |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3659 |
first_indexed |
2017-04-09T09:50:24Z |
last_indexed |
2021-09-09T12:22:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763174352567664640 |
score |
17.13294 |