improving students' reading comprehension of narrative text by using directed reading thinking activity: A Classroom action research in the second year of SMP Darussalam Ciputat
Main Author: | Triyanti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dapatkah siswa di kelas dua (II.2) SMP Darussalam Ciputat memahami bacaan teks naratif dengan menggunakan Directed Reading Thinking Activity. Disamping itu, penelitian ini juga ditujukan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Directed Reading Thinking Activity dalam membangun pemahaman membaca siswa terhadap teks naratif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) berdasarkan hasil tes, terdapat kenaikan 36.38% rata-rata skor reading siswa setelah menggunakan Directed Reading Thinking Activity Dengan perolehan; pada hasil pretest terdapat 2 siswa yang melampaui KKM. Kemudian hasil posttest di siklus 1, didapat 14 atau 40% jumlah siswa yang berhasil melewati KKM dengan rata-rata kelas sebesar 64.29. Selanjutnya hasil posttest di siklus kedua, terdapat 30 atau 85.71% siswa yang sudah mencapai target KKM dengan rata-rata kelas sebesar 73.43. (2) berdasarkan hasil observasi di kelas didapati bahwa siswa-siswa lebih aktif dan tertarik dalam mempelajari aktivitas membaca di kelas. Terlebih mereka dapat menganalisa schematic structure sebuah cerita dengan Directed Reading Thinking Activity.(3) berdasarkan hasil wawancara dengan guru, dapat diketahui bahwa pemahaman membaca siswa akan teks naratif telah berkembang dan juga membantu guru dalam menemukan strategi yang cocok dalam mengajarkan teks naratif.