Penerapan penilaian autentik untuk hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti (studi kasus penerapan penilaian autentik di SMA Izada Pondok Aren Tangerang Selatan)

Main Author: M. Fajar Mahbub
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penilaian autentik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, seberapa besar kontribusi yang diberikan dan apakah dengan adanya penerapan penilaian autentik yang mencakup ranah afektif, kognitif dan psikomotorik ini hasil belajar siswa menjadi lebih optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Yaitu dengan melakukan teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Obyek penelitian disini ialah siswa kelas X IPA-1, kelas X IPA-2 dan kelas X IPS di SMA IZADA Pondok Aren Tangerang Selatan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan penilaian autentik untuk hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA IZADA Pondok Aren Tangerang Selatan yakni menunjukkan hasil belajar siswa menjadi lebik baik meskipun masih ada beberapa siswa yang hasil belajarnya masih rendah