“PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI AKU CINTA NABI DAN RASUL KELAS IV SDN 4 DUKUHWALUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019”

Main Author: Laela, Isro’ Ria Indah Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/2/PSI%20FULL%20ISRO.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa sangat ditentukan dalam proses pembelajaran. Pendidikan formal memiliki pengaruh dalam pencapaian keberhasilan hasil siswa untuk mencapai tujuan yaitu, kurikulum, guru, siswa, sarana prasarana, dan model. Aspek keberhasilan siswa dilihat dari hasil pembelajaran dikelas, masih banyak guru menggunakan metode pembelajaran yang dijumpai belum bervariatif dan cenderung berpusat pada guru. Pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) merupakan metode fokus pada cara pengintegrasian antara tugas-tugas yang melibatkan siswa dalam kerjasama berkelompok sehingga mampu menghidupkan suasana belajar dan meningkatkan hasil belajar di dalam kelas. Terkait dengan pemilihan model pembelajaran guru dituntut untuk dapat memilih model pembelajaran yang akan digunakan dalam interaksi proses belajar mengajar dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi aku cinta nabi dan rasul siswa kelas IV dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), jenis ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data adalah hasil tes dan non tes siswa bertujuan untuk mengetahui persentase penerapan hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 4 Dukuhwaluh dengan jumlah yaitu 21 anak dengan 8 perempuan dan 13 laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi aku cinta nabi dan rasul kelas IV telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun langkah-langkah pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) ini hasil belajar siswa meningkat, nilai rata-rata dan prosentase keberhasilan siswa dari pra siklus hingga pemberian tahap siklus II. Nilai rata-rata kelas IV yang diperoleh pada pra siklus adalah 66,95, siklus I nilai rata-rata kelas adalah 77,14, dan siklus II nilai rata-rata diperoleh 85,43. Dengan demikian dapat dikatakan kelas IV SD Negeri 4 Dukuhwaluh berhasil dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT).