“PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI AKU CINTA NABI DAN RASUL KELAS IV SDN 4 DUKUHWALUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019”

Main Author: Laela, Isro’ Ria Indah Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/2/PSI%20FULL%20ISRO.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/
ctrlnum 6750
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/</relation><title>&#x201C;PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI AKU CINTA NABI DAN RASUL KELAS IV SDN 4 DUKUHWALUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019&#x201D;</title><creator>Laela, Isro&#x2019; Ria Indah Sari</creator><subject>371.36 Project Methods</subject><description>Hasil belajar siswa sangat ditentukan dalam proses pembelajaran. Pendidikan formal memiliki pengaruh dalam pencapaian keberhasilan hasil siswa untuk mencapai tujuan yaitu, kurikulum, guru, siswa, sarana prasarana, dan model. Aspek keberhasilan siswa dilihat dari hasil pembelajaran dikelas, masih banyak guru menggunakan metode pembelajaran yang dijumpai belum bervariatif dan cenderung berpusat pada guru.&#xD; Pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) merupakan metode fokus pada cara pengintegrasian antara tugas-tugas yang melibatkan siswa dalam kerjasama berkelompok sehingga mampu menghidupkan suasana belajar dan meningkatkan hasil belajar di dalam kelas. Terkait dengan pemilihan model pembelajaran guru dituntut untuk dapat memilih model pembelajaran yang akan digunakan dalam interaksi proses belajar mengajar dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.&#xD; Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi aku cinta nabi dan rasul siswa kelas IV dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT).&#xD; Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), jenis ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data adalah hasil tes dan non tes siswa bertujuan untuk mengetahui persentase penerapan hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 4 Dukuhwaluh dengan jumlah yaitu 21 anak dengan 8 perempuan dan 13 laki-laki.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi aku cinta nabi dan rasul kelas IV telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun langkah-langkah pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) ini hasil belajar siswa meningkat, nilai rata-rata dan prosentase keberhasilan siswa dari pra siklus hingga pemberian tahap siklus II. Nilai rata-rata kelas IV yang diperoleh pada pra siklus adalah 66,95, siklus I nilai rata-rata kelas adalah 77,14, dan siklus II nilai rata-rata diperoleh 85,43. Dengan demikian dapat dikatakan kelas IV SD Negeri 4 Dukuhwaluh berhasil dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT).</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/2/PSI%20FULL%20ISRO.pdf</identifier><identifier> Laela, Isro&#x2019; Ria Indah Sari (2019) &#x201C;PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI AKU CINTA NABI DAN RASUL KELAS IV SDN 4 DUKUHWALUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019&#x201D;. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>6750</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Laela, Isro’ Ria Indah Sari
title “PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI AKU CINTA NABI DAN RASUL KELAS IV SDN 4 DUKUHWALUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019”
publishDate 2019
topic 371.36 Project Methods
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/2/PSI%20FULL%20ISRO.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6750/
contents Hasil belajar siswa sangat ditentukan dalam proses pembelajaran. Pendidikan formal memiliki pengaruh dalam pencapaian keberhasilan hasil siswa untuk mencapai tujuan yaitu, kurikulum, guru, siswa, sarana prasarana, dan model. Aspek keberhasilan siswa dilihat dari hasil pembelajaran dikelas, masih banyak guru menggunakan metode pembelajaran yang dijumpai belum bervariatif dan cenderung berpusat pada guru. Pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) merupakan metode fokus pada cara pengintegrasian antara tugas-tugas yang melibatkan siswa dalam kerjasama berkelompok sehingga mampu menghidupkan suasana belajar dan meningkatkan hasil belajar di dalam kelas. Terkait dengan pemilihan model pembelajaran guru dituntut untuk dapat memilih model pembelajaran yang akan digunakan dalam interaksi proses belajar mengajar dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi aku cinta nabi dan rasul siswa kelas IV dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), jenis ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data adalah hasil tes dan non tes siswa bertujuan untuk mengetahui persentase penerapan hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 4 Dukuhwaluh dengan jumlah yaitu 21 anak dengan 8 perempuan dan 13 laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi aku cinta nabi dan rasul kelas IV telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun langkah-langkah pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) ini hasil belajar siswa meningkat, nilai rata-rata dan prosentase keberhasilan siswa dari pra siklus hingga pemberian tahap siklus II. Nilai rata-rata kelas IV yang diperoleh pada pra siklus adalah 66,95, siklus I nilai rata-rata kelas adalah 77,14, dan siklus II nilai rata-rata diperoleh 85,43. Dengan demikian dapat dikatakan kelas IV SD Negeri 4 Dukuhwaluh berhasil dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT).
id IOS3655.6750
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2019-12-13T16:04:43Z
last_indexed 2020-01-16T04:50:16Z
recordtype dc
_version_ 1763141810250579968
score 17.538404