PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM AL-FALAH RAWALO KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | LiaNgatiatulMunawaroh, 1522407024 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/2/LIA%20NGATIATUL%20MUNAWAROH_PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PROBLEM%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinidilatarbelakangikurangnyakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa di kelas VII SMP Islam Al-FalahRawalo.Salah satulangkah yang dipandangtepatuntukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswaadalahdenganmenggunakan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL), karena model pembelajarantersebutmenuntutsiswauntukaktifdalammenemukanpemecahanmasalah yang dihadapisehinggasiswamampumenyusunsendirisolusiataspermasalahantersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Islam Al-Falah Rawalo. Penelitian ini adalahpenelitiankuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Designs bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII di SMP Islam Al-Falah Rawalo yang terdiri dari kelas VII A dan VII Byang semuanya dijadikan sampel. Adapun kelas VII A dengan jumlah 30 siswa dijadikan sebagai kelas kontroldan kelas VII B dengan jumlah 30 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen. Instrumenyang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswamenggunakan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwaada pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikapadamateriStatistika di kelas VII SMP Islam Al-Falah Rawalo. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gainyang diperoleh di kelasEksperimensebesar0,82atau 82,14% yang merupakankategoritinggi, sementarakelaskontrolsebesar 0,40atau 39,92% yang merupakankategorisedang.