PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM AL-FALAH RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: LiaNgatiatulMunawaroh, 1522407024
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/2/LIA%20NGATIATUL%20MUNAWAROH_PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PROBLEM%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilatarbelakangikurangnyakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa di kelas VII SMP Islam Al-FalahRawalo.Salah satulangkah yang dipandangtepatuntukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswaadalahdenganmenggunakan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL), karena model pembelajarantersebutmenuntutsiswauntukaktifdalammenemukanpemecahanmasalah yang dihadapisehinggasiswamampumenyusunsendirisolusiataspermasalahantersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Islam Al-Falah Rawalo. Penelitian ini adalahpenelitiankuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Designs bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII di SMP Islam Al-Falah Rawalo yang terdiri dari kelas VII A dan VII Byang semuanya dijadikan sampel. Adapun kelas VII A dengan jumlah 30 siswa dijadikan sebagai kelas kontroldan kelas VII B dengan jumlah 30 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen. Instrumenyang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswamenggunakan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwaada pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikapadamateriStatistika di kelas VII SMP Islam Al-Falah Rawalo. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gainyang diperoleh di kelasEksperimensebesar0,82atau 82,14% yang merupakankategoritinggi, sementarakelaskontrolsebesar 0,40atau 39,92% yang merupakankategorisedang.