PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM AL-FALAH RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: LiaNgatiatulMunawaroh, 1522407024
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/2/LIA%20NGATIATUL%20MUNAWAROH_PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PROBLEM%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/
ctrlnum 5514
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM AL-FALAH RAWALO&#xD; KABUPATEN BANYUMAS</title><creator>LiaNgatiatulMunawaroh, 1522407024</creator><subject>510.7 Pendidikan Matematika</subject><description>Penelitianinidilatarbelakangikurangnyakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa di kelas VII SMP Islam Al-FalahRawalo.Salah satulangkah yang dipandangtepatuntukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswaadalahdenganmenggunakan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL), karena model pembelajarantersebutmenuntutsiswauntukaktifdalammenemukanpemecahanmasalah yang dihadapisehinggasiswamampumenyusunsendirisolusiataspermasalahantersebut.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Islam Al-Falah Rawalo. Penelitian ini adalahpenelitiankuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Designs bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII di SMP Islam Al-Falah Rawalo yang terdiri dari kelas VII A dan VII Byang semuanya dijadikan sampel. Adapun kelas VII A dengan jumlah 30 siswa dijadikan sebagai kelas kontroldan kelas VII B dengan jumlah 30 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen. Instrumenyang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswamenggunakan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain. &#xD; Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwaada pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikapadamateriStatistika di kelas VII SMP Islam Al-Falah Rawalo. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gainyang diperoleh di kelasEksperimensebesar0,82atau 82,14% yang merupakankategoritinggi, sementarakelaskontrolsebesar 0,40atau 39,92% yang merupakankategorisedang.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/2/LIA%20NGATIATUL%20MUNAWAROH_PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PROBLEM%20.pdf</identifier><identifier> LiaNgatiatulMunawaroh, 1522407024 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM AL-FALAH RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>5514</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author LiaNgatiatulMunawaroh, 1522407024
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM AL-FALAH RAWALO KABUPATEN BANYUMAS
publishDate 2019
isbn 9781522407027
topic 510.7 Pendidikan Matematika
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/2/LIA%20NGATIATUL%20MUNAWAROH_PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PROBLEM%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5514/
contents Penelitianinidilatarbelakangikurangnyakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa di kelas VII SMP Islam Al-FalahRawalo.Salah satulangkah yang dipandangtepatuntukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswaadalahdenganmenggunakan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL), karena model pembelajarantersebutmenuntutsiswauntukaktifdalammenemukanpemecahanmasalah yang dihadapisehinggasiswamampumenyusunsendirisolusiataspermasalahantersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Islam Al-Falah Rawalo. Penelitian ini adalahpenelitiankuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Designs bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII di SMP Islam Al-Falah Rawalo yang terdiri dari kelas VII A dan VII Byang semuanya dijadikan sampel. Adapun kelas VII A dengan jumlah 30 siswa dijadikan sebagai kelas kontroldan kelas VII B dengan jumlah 30 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen. Instrumenyang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswamenggunakan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwaada pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikapadamateriStatistika di kelas VII SMP Islam Al-Falah Rawalo. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gainyang diperoleh di kelasEksperimensebesar0,82atau 82,14% yang merupakankategoritinggi, sementarakelaskontrolsebesar 0,40atau 39,92% yang merupakankategorisedang.
id IOS3655.5514
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2019-07-22T02:33:41Z
last_indexed 2020-01-16T04:49:50Z
recordtype dc
_version_ 1763141804117458944
score 17.538404