PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI KLINIK PRATAMA AMANDA PURWOKERTO

Main Author: HAPIPAH, NIM 1423203014
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5248/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5248/2/HAPIPAH_PENGARUH%20KUALITAS%20PELAYANAN%20KESEHATAN%20DAN%20KEPUASAN%20PASIEN%20TERHADAP%20LOYALITAS%20PASIEN%20RAWAT.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5248/
Daftar Isi:
  • Kualitas Pelayanan merupakan penilaian pelanggan atas keunggulan atau keistimewaan suatu produk atau layanan serta menyeluruh. Klinik Pratama Amanda sebagai perusahaan yang bergerak di jasa kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas terhadap pasiennya. Faktor kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan akan sangat mempengaruhi jumlah kunjungan pasien ke Klinik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien rawat jalan di Klinik Pratama Amanda Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Sampel sebanyak 94 pasien rawat jalan di Klinik Pratama Amanda Purwokerto yang diambil dengan menggunakan desain Nonprobability Sampling yang menggunakan metode Sampling Insidental. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan Uji Korelasi Rank Spearman, Uji Korelasi Konkordansi Kendall W, Uji Korelasi Analisis regresi Ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan loyalitas pasien, hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,377 menggunakan a sebesar 0,1 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai sig (2-tailed) < 0,01 maka H0 ditolak. (2) ada pengaruh secara signifikan antara kepuasan pasien dengan loyalitas pasien, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,393 menggunakan a sebesar 0,1 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai sig (2-tailed) < 0,01 maka H0 ditolak. (3) Ada Pengaruh antara kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien, hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,413, dan pada output chi square hitung sebesar 77,703 dan nilai df sebesar 2. dan pada nilai sig probilitasnya < a (0,1) yaitu 0,000 maka H0 ditolak.