Daftar Isi:
  • Pembelajaran hendaknya mempunyai tujuan untuk membangun kompetensi anak didik yang mencakup 3 aspek kompetensi dalam dirinya. Pendekatan saintifik mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan. Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sangat menentukan ketiga aspek kompetensi pada anak didik. Kebenaran implementasi pendekatan saintifik dapat meningkatkan rasa keingintahuan, mengamati, analisis, dan komunikasi. Oleh Karena itu perlu pemahaman tentang apa pendekatan saintifik, bagaimana implementasinya dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif yang bertujuan mendskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang Banyumas. Data dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang. Sumber data dalam penelitian tesis ini yaitu kepala sekolah, guru PAI dan Budi Pekerti, kepala tata usaha, serta siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Ajibarang Banyumas. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang sudah sesuai dengan teori dan konsep pendekatan saintifik. 2)Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang, menunjukkan bahwa langkah-langkah kegiatan dalam pendekatan saintifik guru sudah melakukan proses pembelajarannya sesuai dengan cara dan prosedurnya mulai dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan.. 3)Hasil implementasi pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang yaitu siswa yang produktif, kreatif, inofatif, afektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang terintegrasi. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, dan Pendekatan Saintifik.