ctrlnum 4610
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4610/</relation><title>IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN &#xD; PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI&#xD; DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK&#xD; DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG BANYUMAS&#xD; &#xD; MARDIYAH&#xD; NIM: 1522606019</title><creator>MARDIYAH, 1522606019</creator><subject>2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah</subject><subject>371.3 Methods of Instruction and Study</subject><description>Pembelajaran hendaknya mempunyai tujuan untuk membangun kompetensi anak didik yang mencakup 3 aspek kompetensi dalam dirinya. Pendekatan saintifik mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan. Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sangat menentukan ketiga aspek kompetensi pada anak didik. Kebenaran implementasi pendekatan saintifik dapat meningkatkan rasa keingintahuan, mengamati, analisis, dan komunikasi. Oleh Karena itu perlu pemahaman tentang apa pendekatan saintifik, bagaimana implementasinya dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang.&#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif yang bertujuan mendskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang Banyumas. Data dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang. Sumber data dalam penelitian tesis ini yaitu kepala sekolah, guru PAI dan Budi Pekerti, kepala tata usaha, serta siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Ajibarang Banyumas. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang sudah sesuai dengan teori dan konsep pendekatan saintifik. 2)Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang, menunjukkan bahwa langkah-langkah kegiatan dalam pendekatan saintifik guru sudah melakukan proses pembelajarannya sesuai dengan cara dan prosedurnya mulai dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan.. 3)Hasil implementasi pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang yaitu siswa yang produktif, kreatif, inofatif, afektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang terintegrasi.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, dan Pendekatan Saintifik.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4610/1/Cover_Bab%20I_Ban%20V_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4610/2/Mardiyah_Implementasi%20Pembelajaran%20Pendidikan%20Agama%20Islam%20dan%20Budi%20Pekerti%20dengan%20Pendekatan%20Saintifik%20di%20SMP%20Negeri%202%20Ajibarang%20Banyumas.pdf</identifier><identifier> MARDIYAH, 1522606019 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG BANYUMAS MARDIYAH NIM: 1522606019. Masters thesis, IAIN. </identifier><recordID>4610</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MARDIYAH, 1522606019
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG BANYUMAS MARDIYAH NIM: 1522606019
publishDate 2018
isbn 9781522606017
topic 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
371.3 Methods of Instruction and Study
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4610/1/Cover_Bab%20I_Ban%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4610/2/Mardiyah_Implementasi%20Pembelajaran%20Pendidikan%20Agama%20Islam%20dan%20Budi%20Pekerti%20dengan%20Pendekatan%20Saintifik%20di%20SMP%20Negeri%202%20Ajibarang%20Banyumas.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4610/
contents Pembelajaran hendaknya mempunyai tujuan untuk membangun kompetensi anak didik yang mencakup 3 aspek kompetensi dalam dirinya. Pendekatan saintifik mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan. Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sangat menentukan ketiga aspek kompetensi pada anak didik. Kebenaran implementasi pendekatan saintifik dapat meningkatkan rasa keingintahuan, mengamati, analisis, dan komunikasi. Oleh Karena itu perlu pemahaman tentang apa pendekatan saintifik, bagaimana implementasinya dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif yang bertujuan mendskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang Banyumas. Data dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang. Sumber data dalam penelitian tesis ini yaitu kepala sekolah, guru PAI dan Budi Pekerti, kepala tata usaha, serta siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Ajibarang Banyumas. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang sudah sesuai dengan teori dan konsep pendekatan saintifik. 2)Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang, menunjukkan bahwa langkah-langkah kegiatan dalam pendekatan saintifik guru sudah melakukan proses pembelajarannya sesuai dengan cara dan prosedurnya mulai dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan.. 3)Hasil implementasi pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 2 Ajibarang yaitu siswa yang produktif, kreatif, inofatif, afektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang terintegrasi. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, dan Pendekatan Saintifik.
id IOS3655.4610
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2019-05-06T07:47:56Z
last_indexed 2020-01-16T04:49:32Z
recordtype dc
_version_ 1763141799827734528
score 17.538404