ANALISIS SWOT TERHADAP PRODUK TABUNGAN DI BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU BANYUMAS AJIBARANG (Studi Kasus Pada Produk Tabungan Faedah, Tabungan Haji, dan Tabungan Karyawan iB BRISyariah)

Main Author: Fauziah Febriani, NIM. 1522203061
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: IAIN Purwokerto , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3987/2/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I-BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3987/3/FAUZIAH_ANALISIS%20SWOT%20TERHADAP%20PRODUK%20TABUNGAN%20DI%20BANK%20RAKYA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3987/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis SWOT yang dilakukan pada ketiga produk tabungan diatas serta strategi apa yang harus dilakukan BRISyariah KCP Banyumas Ajibarang untuk masa yang akan datang dengan mengacu pada hasil analisis SWOT tersebut. Penelitian ini dilakukan di BRISyariah KCP Banyumas Ajibarang dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan melakukan penelitian secara langsung, melaksanakan wawancara dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam melakukan analisis SWOT terhadap produk Tabungan Faedah, Tabungan Haji, dan Tabungan Karyawan untuk menggali informasi yang dibutuhkan. Hasil dari analisis SWOT yang dilakukan pada ketiga produk tabungan tersebut masing-masing memiliki faktor internal dan eksternal yang berbeda-beda. Namun, pada ketiganya tersebut terdapat faktor yang selalu muncul yaitu dari sisi kekuatan: dana yang dikelola menggunakan prinsip syariah. Kelamahannya terletak pada kualitas SDM pemasaran yang masih rendah serta jaringan ATM yang masih jarang dijumpai. Selain itu dari sisi peluang, ketiga produk tersebut memiliki jumlah peminat yang cukup tinggi sehingga berpeluang besar dalam upaya pengembangan produk yang baik. Sedangkan ancaman yang dihadapi yaitu pada produk sejenis yang banyak dijumpai dipasaran. Dari hasil tersebut pihak BRISyariah KCP Banyumas Ajibarang perlu melakukan upaya peningkatan terhadap SDM pemasaran, menyusun strategi promosi yang efektif dan efisien, melakukan inovasi pengembangan produk, memperluas jaringan dengan pihak-pihak yang berpengaruh, melakukan social education kepada masyarakat terkait pemahaman sistem bank syariah, serta melakukan upaya peningkatan dibidang teknologi