PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI MA’ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI TAHUN PELAJARAN 2017 DARWATI 1323305147

Main Author: DARWATI, 1323305147
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/2/Darwati_PENGARUH%20PENDEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION%20TTERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/
Daftar Isi:
  • Penelitianinidilatarbelakangiolehpembelajaranmatematika yang dilaksanakan di sekolah/madrasah masihberpusatpada guru (teacher center).Pendekatanpembelajaran di kelasmasihmenggunakanpendekatankonvensional yang tidakmemberikankebebasankepadasiswauntukaktifdikelassehinggasiswacepatmerasabosandenganpembelajaran yang dilaksanakan.Sehinggaperluadanyasolusi agar pembelajaranmatematikamenjadilebihmenarikdanmembuatsiswatidak anti patiterhadappelajaranmatematika.Matematikaperludiarahkanpadaaktivitas-aktivitas yang mendorongsiswaaktif di dalamkelas (student center).Pembelajaranmatematikajugaharusbisamengakrabkansiswadenganlingkungandanpengalamannyadalamkehidupansehari-hari.Salah satupendekatanpembelajaranmatematika yang berorientasipadapengalamansehari-hariadalahpendekatan Realistic Mathematics Education. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganmenggunakanmetodepenelitianeksperimentwo group pre-test post-test design.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangitahunpelajaran 2016/2017.Instrumenhasilbelajarberupatesberbentuk essay yang telahdiujivaliditasdanrealiabilitasnya.Materi yang digunakanadalahkelilingpersegidanpersegipanjang.Metodeanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikdeskriptif.Analisis data menggunakanuji N-gain.Hipotesiskerjadaripenelitianiniadalahadapengaruh yang positifpendekatanRealistic mathematics education terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematika di kelas III MI Ma’arif NU Kaliwangi. Berdasarkanhasilanalisis data melaluiuji N-Gain, diperoleh rata-rata Gkontrolsebesar 0,1099 dan rata-rata Geksperimensebesar 0,2052 yang berartikeduanyatermasukpeningkatandalamkategorirendahnamunberbedasignifikan. SehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhpositifpendekatanRealistic Mathematics Education terhadaphasilbelajarsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangimaterikelilingpersegidanpersegipanjang.