PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI MA’ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI TAHUN PELAJARAN 2017 DARWATI 1323305147
Main Author: | DARWATI, 1323305147 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/2/Darwati_PENGARUH%20PENDEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION%20TTERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinidilatarbelakangiolehpembelajaranmatematika yang dilaksanakan di sekolah/madrasah masihberpusatpada guru (teacher center).Pendekatanpembelajaran di kelasmasihmenggunakanpendekatankonvensional yang tidakmemberikankebebasankepadasiswauntukaktifdikelassehinggasiswacepatmerasabosandenganpembelajaran yang dilaksanakan.Sehinggaperluadanyasolusi agar pembelajaranmatematikamenjadilebihmenarikdanmembuatsiswatidak anti patiterhadappelajaranmatematika.Matematikaperludiarahkanpadaaktivitas-aktivitas yang mendorongsiswaaktif di dalamkelas (student center).Pembelajaranmatematikajugaharusbisamengakrabkansiswadenganlingkungandanpengalamannyadalamkehidupansehari-hari.Salah satupendekatanpembelajaranmatematika yang berorientasipadapengalamansehari-hariadalahpendekatan Realistic Mathematics Education. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganmenggunakanmetodepenelitianeksperimentwo group pre-test post-test design.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangitahunpelajaran 2016/2017.Instrumenhasilbelajarberupatesberbentuk essay yang telahdiujivaliditasdanrealiabilitasnya.Materi yang digunakanadalahkelilingpersegidanpersegipanjang.Metodeanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikdeskriptif.Analisis data menggunakanuji N-gain.Hipotesiskerjadaripenelitianiniadalahadapengaruh yang positifpendekatanRealistic mathematics education terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematika di kelas III MI Ma’arif NU Kaliwangi. Berdasarkanhasilanalisis data melaluiuji N-Gain, diperoleh rata-rata Gkontrolsebesar 0,1099 dan rata-rata Geksperimensebesar 0,2052 yang berartikeduanyatermasukpeningkatandalamkategorirendahnamunberbedasignifikan. SehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhpositifpendekatanRealistic Mathematics Education terhadaphasilbelajarsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangimaterikelilingpersegidanpersegipanjang.