PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI MA’ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI TAHUN PELAJARAN 2017 DARWATI 1323305147

Main Author: DARWATI, 1323305147
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/2/Darwati_PENGARUH%20PENDEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION%20TTERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/
ctrlnum 3172
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/</relation><title>PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION&#xD; TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN&#xD; MATEMATIKA DI KELAS III MI MA&#x2019;ARIF NU KALIWANGI&#xD; KECAMATAN PURWOJATI&#xD; TAHUN PELAJARAN 2017&#xD; &#xD; DARWATI&#xD; 1323305147</title><creator>DARWATI, 1323305147</creator><subject>372.7 Mathematics for Elementary Education</subject><description>Penelitianinidilatarbelakangiolehpembelajaranmatematika yang dilaksanakan di sekolah/madrasah masihberpusatpada guru (teacher center).Pendekatanpembelajaran di kelasmasihmenggunakanpendekatankonvensional yang tidakmemberikankebebasankepadasiswauntukaktifdikelassehinggasiswacepatmerasabosandenganpembelajaran yang dilaksanakan.Sehinggaperluadanyasolusi agar pembelajaranmatematikamenjadilebihmenarikdanmembuatsiswatidak anti patiterhadappelajaranmatematika.Matematikaperludiarahkanpadaaktivitas-aktivitas yang mendorongsiswaaktif di dalamkelas (student center).Pembelajaranmatematikajugaharusbisamengakrabkansiswadenganlingkungandanpengalamannyadalamkehidupansehari-hari.Salah satupendekatanpembelajaranmatematika yang berorientasipadapengalamansehari-hariadalahpendekatan Realistic Mathematics Education.&#xD; Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganmenggunakanmetodepenelitianeksperimentwo group pre-test post-test design.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas III MI Ma&#x2019;arif NU Kaliwangitahunpelajaran 2016/2017.Instrumenhasilbelajarberupatesberbentuk essay yang telahdiujivaliditasdanrealiabilitasnya.Materi yang digunakanadalahkelilingpersegidanpersegipanjang.Metodeanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikdeskriptif.Analisis data menggunakanuji N-gain.Hipotesiskerjadaripenelitianiniadalahadapengaruh yang positifpendekatanRealistic mathematics education terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematika di kelas III MI Ma&#x2019;arif NU Kaliwangi.&#xD; Berdasarkanhasilanalisis data melaluiuji N-Gain, diperoleh rata-rata Gkontrolsebesar 0,1099 dan rata-rata Geksperimensebesar 0,2052 yang berartikeduanyatermasukpeningkatandalamkategorirendahnamunberbedasignifikan. SehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhpositifpendekatanRealistic Mathematics Education terhadaphasilbelajarsiswakelas III MI Ma&#x2019;arif NU Kaliwangimaterikelilingpersegidanpersegipanjang.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/2/Darwati_PENGARUH%20PENDEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION%20TTERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MA.pdf</identifier><identifier> DARWATI, 1323305147 (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI MA&#x2019;ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI TAHUN PELAJARAN 2017 DARWATI 1323305147. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>3172</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DARWATI, 1323305147
title PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI MA’ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI TAHUN PELAJARAN 2017 DARWATI 1323305147
publishDate 2017
isbn 9781323305140
topic 372.7 Mathematics for Elementary Education
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/2/Darwati_PENGARUH%20PENDEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION%20TTERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/
contents Penelitianinidilatarbelakangiolehpembelajaranmatematika yang dilaksanakan di sekolah/madrasah masihberpusatpada guru (teacher center).Pendekatanpembelajaran di kelasmasihmenggunakanpendekatankonvensional yang tidakmemberikankebebasankepadasiswauntukaktifdikelassehinggasiswacepatmerasabosandenganpembelajaran yang dilaksanakan.Sehinggaperluadanyasolusi agar pembelajaranmatematikamenjadilebihmenarikdanmembuatsiswatidak anti patiterhadappelajaranmatematika.Matematikaperludiarahkanpadaaktivitas-aktivitas yang mendorongsiswaaktif di dalamkelas (student center).Pembelajaranmatematikajugaharusbisamengakrabkansiswadenganlingkungandanpengalamannyadalamkehidupansehari-hari.Salah satupendekatanpembelajaranmatematika yang berorientasipadapengalamansehari-hariadalahpendekatan Realistic Mathematics Education. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganmenggunakanmetodepenelitianeksperimentwo group pre-test post-test design.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangitahunpelajaran 2016/2017.Instrumenhasilbelajarberupatesberbentuk essay yang telahdiujivaliditasdanrealiabilitasnya.Materi yang digunakanadalahkelilingpersegidanpersegipanjang.Metodeanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikdeskriptif.Analisis data menggunakanuji N-gain.Hipotesiskerjadaripenelitianiniadalahadapengaruh yang positifpendekatanRealistic mathematics education terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematika di kelas III MI Ma’arif NU Kaliwangi. Berdasarkanhasilanalisis data melaluiuji N-Gain, diperoleh rata-rata Gkontrolsebesar 0,1099 dan rata-rata Geksperimensebesar 0,2052 yang berartikeduanyatermasukpeningkatandalamkategorirendahnamunberbedasignifikan. SehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhpositifpendekatanRealistic Mathematics Education terhadaphasilbelajarsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangimaterikelilingpersegidanpersegipanjang.
id IOS3655.3172
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2017-10-20T00:28:11Z
last_indexed 2020-01-16T04:49:04Z
recordtype dc
_version_ 1763141794092023808
score 17.538404