PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI MA’ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI TAHUN PELAJARAN 2017 DARWATI 1323305147
Main Author: | DARWATI, 1323305147 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/2/Darwati_PENGARUH%20PENDEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION%20TTERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/ |
ctrlnum |
3172 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/</relation><title>PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
MATEMATIKA DI KELAS III MI MA’ARIF NU KALIWANGI
KECAMATAN PURWOJATI
TAHUN PELAJARAN 2017

DARWATI
1323305147</title><creator>DARWATI, 1323305147</creator><subject>372.7 Mathematics for Elementary Education</subject><description>Penelitianinidilatarbelakangiolehpembelajaranmatematika yang dilaksanakan di sekolah/madrasah masihberpusatpada guru (teacher center).Pendekatanpembelajaran di kelasmasihmenggunakanpendekatankonvensional yang tidakmemberikankebebasankepadasiswauntukaktifdikelassehinggasiswacepatmerasabosandenganpembelajaran yang dilaksanakan.Sehinggaperluadanyasolusi agar pembelajaranmatematikamenjadilebihmenarikdanmembuatsiswatidak anti patiterhadappelajaranmatematika.Matematikaperludiarahkanpadaaktivitas-aktivitas yang mendorongsiswaaktif di dalamkelas (student center).Pembelajaranmatematikajugaharusbisamengakrabkansiswadenganlingkungandanpengalamannyadalamkehidupansehari-hari.Salah satupendekatanpembelajaranmatematika yang berorientasipadapengalamansehari-hariadalahpendekatan Realistic Mathematics Education.
Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganmenggunakanmetodepenelitianeksperimentwo group pre-test post-test design.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangitahunpelajaran 2016/2017.Instrumenhasilbelajarberupatesberbentuk essay yang telahdiujivaliditasdanrealiabilitasnya.Materi yang digunakanadalahkelilingpersegidanpersegipanjang.Metodeanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikdeskriptif.Analisis data menggunakanuji N-gain.Hipotesiskerjadaripenelitianiniadalahadapengaruh yang positifpendekatanRealistic mathematics education terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematika di kelas III MI Ma’arif NU Kaliwangi.
Berdasarkanhasilanalisis data melaluiuji N-Gain, diperoleh rata-rata Gkontrolsebesar 0,1099 dan rata-rata Geksperimensebesar 0,2052 yang berartikeduanyatermasukpeningkatandalamkategorirendahnamunberbedasignifikan. SehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhpositifpendekatanRealistic Mathematics Education terhadaphasilbelajarsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangimaterikelilingpersegidanpersegipanjang.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/2/Darwati_PENGARUH%20PENDEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION%20TTERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MA.pdf</identifier><identifier> DARWATI, 1323305147 (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MI MA’ARIF NU KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI TAHUN PELAJARAN 2017 DARWATI 1323305147. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>3172</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
DARWATI, 1323305147 |
title |
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
MATEMATIKA DI KELAS III MI MA’ARIF NU KALIWANGI
KECAMATAN PURWOJATI
TAHUN PELAJARAN 2017
DARWATI
1323305147 |
publishDate |
2017 |
isbn |
9781323305140 |
topic |
372.7 Mathematics for Elementary Education |
url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/2/Darwati_PENGARUH%20PENDEKATAN%20REALISTIC%20MATHEMATICS%20EDUCATION%20TTERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3172/ |
contents |
Penelitianinidilatarbelakangiolehpembelajaranmatematika yang dilaksanakan di sekolah/madrasah masihberpusatpada guru (teacher center).Pendekatanpembelajaran di kelasmasihmenggunakanpendekatankonvensional yang tidakmemberikankebebasankepadasiswauntukaktifdikelassehinggasiswacepatmerasabosandenganpembelajaran yang dilaksanakan.Sehinggaperluadanyasolusi agar pembelajaranmatematikamenjadilebihmenarikdanmembuatsiswatidak anti patiterhadappelajaranmatematika.Matematikaperludiarahkanpadaaktivitas-aktivitas yang mendorongsiswaaktif di dalamkelas (student center).Pembelajaranmatematikajugaharusbisamengakrabkansiswadenganlingkungandanpengalamannyadalamkehidupansehari-hari.Salah satupendekatanpembelajaranmatematika yang berorientasipadapengalamansehari-hariadalahpendekatan Realistic Mathematics Education.
Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganmenggunakanmetodepenelitianeksperimentwo group pre-test post-test design.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangitahunpelajaran 2016/2017.Instrumenhasilbelajarberupatesberbentuk essay yang telahdiujivaliditasdanrealiabilitasnya.Materi yang digunakanadalahkelilingpersegidanpersegipanjang.Metodeanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikdeskriptif.Analisis data menggunakanuji N-gain.Hipotesiskerjadaripenelitianiniadalahadapengaruh yang positifpendekatanRealistic mathematics education terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematika di kelas III MI Ma’arif NU Kaliwangi.
Berdasarkanhasilanalisis data melaluiuji N-Gain, diperoleh rata-rata Gkontrolsebesar 0,1099 dan rata-rata Geksperimensebesar 0,2052 yang berartikeduanyatermasukpeningkatandalamkategorirendahnamunberbedasignifikan. SehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhpositifpendekatanRealistic Mathematics Education terhadaphasilbelajarsiswakelas III MI Ma’arif NU Kaliwangimaterikelilingpersegidanpersegipanjang. |
id |
IOS3655.3172 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
508 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
library_id |
184 |
collection |
Repository IAIN Purwokerto |
repository_id |
3655 |
city |
PURWOKERTO |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3655 |
first_indexed |
2017-10-20T00:28:11Z |
last_indexed |
2020-01-16T04:49:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763141794092023808 |
score |
17.538404 |