Daftar Isi:
  • Pembelajaranmatematika di SD/MI merupakanawaldalammempelajarimatematika. Makamatematika di SD/MI haruslahmengajarkanmengenaikonsepdalammatematika. Namun, sangatdisayangkanpembelajaranmatematika di SD/MI belummenerapkankonseptersebut. Matematikamenjadipelajaranhafalan. Padahalmatematikasendirihakekatnyaadalahaktifitasmanusia. Hal inimenjadikanmatematikamenjadimatapelajaran yang seolah-olahterpisahdengankehidupansehari-hari. Makatakheranjikasiswajugamulaiasing, sehinggahasibelajarsiswamenjadikurangbaik. Hal inijuga yang terjadi di MI Ma’arif NU 1 Bantarbarang. Alatperagamerupakan media yang tepatdigunakandalampembelajaranmatematika. Denganadanyaalatperagaakanmenurunkankeabstrakandarisuatukonsep. Denganbegitusiswaakanlebihmudahdalammemahamikonsep. Alatperagabendakonkretjugadapatmenjadikansiswamemahamipenggunaanmatematikadalamkehidupansehari-hari. PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) Kolaboratif yang bertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadakompetensidasarmenentukansifat-sifatbangunruangmenggunakanalatperagabendakonkret. Subjekpenelitianiniyaitusiswakela V MI Ma’arif NU 1 Bantarbarangtahunpelajaran 2014/2015. Metodepengumpulan data dalampenelitianiniyaituwawancara, dokumentasidantes. Penelitianinidilaksanakanselamaduasiklus. Padaprasiklusterdapat 7 siswa yang tuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 29.16%. sedangkanpadasiklus I terdapat 18 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentasiketuntasansebesar 75%, mengalamikenaikansebesar 45.84% dariprasiklus. Sedangkanpadasiklus II terdapatsebanyak 20 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 83.33%, sehinggamengalamikenaikansebesar 8.33% dibandingkandengansiklus I.