ctrlnum 231
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V &#xD; MI MA&#x2019;ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>Lukman Hakim, NIM. 102335058</creator><subject>372 Elementary education</subject><subject>510.7 Pendidikan Matematika</subject><description>Pembelajaranmatematika di SD/MI merupakanawaldalammempelajarimatematika. Makamatematika di SD/MI haruslahmengajarkanmengenaikonsepdalammatematika. Namun, sangatdisayangkanpembelajaranmatematika di SD/MI belummenerapkankonseptersebut. Matematikamenjadipelajaranhafalan. Padahalmatematikasendirihakekatnyaadalahaktifitasmanusia. Hal inimenjadikanmatematikamenjadimatapelajaran yang seolah-olahterpisahdengankehidupansehari-hari. Makatakheranjikasiswajugamulaiasing, sehinggahasibelajarsiswamenjadikurangbaik. Hal inijuga yang terjadi di MI Ma&#x2019;arif NU 1 Bantarbarang. Alatperagamerupakan media yang tepatdigunakandalampembelajaranmatematika. Denganadanyaalatperagaakanmenurunkankeabstrakandarisuatukonsep. Denganbegitusiswaakanlebihmudahdalammemahamikonsep. Alatperagabendakonkretjugadapatmenjadikansiswamemahamipenggunaanmatematikadalamkehidupansehari-hari. &#xD; PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) Kolaboratif yang bertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadakompetensidasarmenentukansifat-sifatbangunruangmenggunakanalatperagabendakonkret. Subjekpenelitianiniyaitusiswakela V MI Ma&#x2019;arif NU 1 Bantarbarangtahunpelajaran 2014/2015. Metodepengumpulan data dalampenelitianiniyaituwawancara, dokumentasidantes.&#xD; Penelitianinidilaksanakanselamaduasiklus. Padaprasiklusterdapat 7 siswa yang tuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 29.16%. sedangkanpadasiklus I terdapat 18 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentasiketuntasansebesar 75%, mengalamikenaikansebesar 45.84% dariprasiklus. Sedangkanpadasiklus II terdapatsebanyak 20 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 83.33%, sehinggamengalamikenaikansebesar 8.33% dibandingkandengansiklus I.</description><date>2016-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/1/Abstrak.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/3/Lukman%20Hakim_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20PADA%20KOMPETENSI%20DASAR%20MENENTUKAN%20SIFAT-SIFAT%20BANGUN%20RUANG%20MENGGUNAKAN%20ALAT%20PERAGA%20BENDA%20KONKRET%20DI%20KELAS%20V%20%20MI%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%201%20BANTARBARANG%20KECAMATAN%20REMBANG%20KABUPA.pdf</identifier><identifier> Lukman Hakim, NIM. 102335058 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MA&#x2019;ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>231</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Lukman Hakim, NIM. 102335058
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MA’ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
publishDate 2016
topic 372 Elementary education
510.7 Pendidikan Matematika
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/1/Abstrak.docx
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/3/Lukman%20Hakim_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20PADA%20KOMPETENSI%20DASAR%20MENENTUKAN%20SIFAT-SIFAT%20BANGUN%20RUANG%20MENGGUNAKAN%20ALAT%20PERAGA%20BENDA%20KONKRET%20DI%20KELAS%20V%20%20MI%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%201%20BANTARBARANG%20KECAMATAN%20REMBANG%20KABUPA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/
contents Pembelajaranmatematika di SD/MI merupakanawaldalammempelajarimatematika. Makamatematika di SD/MI haruslahmengajarkanmengenaikonsepdalammatematika. Namun, sangatdisayangkanpembelajaranmatematika di SD/MI belummenerapkankonseptersebut. Matematikamenjadipelajaranhafalan. Padahalmatematikasendirihakekatnyaadalahaktifitasmanusia. Hal inimenjadikanmatematikamenjadimatapelajaran yang seolah-olahterpisahdengankehidupansehari-hari. Makatakheranjikasiswajugamulaiasing, sehinggahasibelajarsiswamenjadikurangbaik. Hal inijuga yang terjadi di MI Ma’arif NU 1 Bantarbarang. Alatperagamerupakan media yang tepatdigunakandalampembelajaranmatematika. Denganadanyaalatperagaakanmenurunkankeabstrakandarisuatukonsep. Denganbegitusiswaakanlebihmudahdalammemahamikonsep. Alatperagabendakonkretjugadapatmenjadikansiswamemahamipenggunaanmatematikadalamkehidupansehari-hari. PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) Kolaboratif yang bertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadakompetensidasarmenentukansifat-sifatbangunruangmenggunakanalatperagabendakonkret. Subjekpenelitianiniyaitusiswakela V MI Ma’arif NU 1 Bantarbarangtahunpelajaran 2014/2015. Metodepengumpulan data dalampenelitianiniyaituwawancara, dokumentasidantes. Penelitianinidilaksanakanselamaduasiklus. Padaprasiklusterdapat 7 siswa yang tuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 29.16%. sedangkanpadasiklus I terdapat 18 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentasiketuntasansebesar 75%, mengalamikenaikansebesar 45.84% dariprasiklus. Sedangkanpadasiklus II terdapatsebanyak 20 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 83.33%, sehinggamengalamikenaikansebesar 8.33% dibandingkandengansiklus I.
id IOS3655.231
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2016-11-09T04:47:14Z
last_indexed 2020-01-16T04:47:56Z
recordtype dc
_version_ 1763141778571001856
score 17.538404