PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MA’ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
| ctrlnum |
231 |
|---|---|
| fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V 
MI MA’ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015</title><creator>Lukman Hakim, NIM. 102335058</creator><subject>372 Elementary education</subject><subject>510.7 Pendidikan Matematika</subject><description>Pembelajaranmatematika di SD/MI merupakanawaldalammempelajarimatematika. Makamatematika di SD/MI haruslahmengajarkanmengenaikonsepdalammatematika. Namun, sangatdisayangkanpembelajaranmatematika di SD/MI belummenerapkankonseptersebut. Matematikamenjadipelajaranhafalan. Padahalmatematikasendirihakekatnyaadalahaktifitasmanusia. Hal inimenjadikanmatematikamenjadimatapelajaran yang seolah-olahterpisahdengankehidupansehari-hari. Makatakheranjikasiswajugamulaiasing, sehinggahasibelajarsiswamenjadikurangbaik. Hal inijuga yang terjadi di MI Ma’arif NU 1 Bantarbarang. Alatperagamerupakan media yang tepatdigunakandalampembelajaranmatematika. Denganadanyaalatperagaakanmenurunkankeabstrakandarisuatukonsep. Denganbegitusiswaakanlebihmudahdalammemahamikonsep. Alatperagabendakonkretjugadapatmenjadikansiswamemahamipenggunaanmatematikadalamkehidupansehari-hari. 
PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) Kolaboratif yang bertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadakompetensidasarmenentukansifat-sifatbangunruangmenggunakanalatperagabendakonkret. Subjekpenelitianiniyaitusiswakela V MI Ma’arif NU 1 Bantarbarangtahunpelajaran 2014/2015. Metodepengumpulan data dalampenelitianiniyaituwawancara, dokumentasidantes.
Penelitianinidilaksanakanselamaduasiklus. Padaprasiklusterdapat 7 siswa yang tuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 29.16%. sedangkanpadasiklus I terdapat 18 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentasiketuntasansebesar 75%, mengalamikenaikansebesar 45.84% dariprasiklus. Sedangkanpadasiklus II terdapatsebanyak 20 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 83.33%, sehinggamengalamikenaikansebesar 8.33% dibandingkandengansiklus I.</description><date>2016-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/1/Abstrak.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/3/Lukman%20Hakim_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20PADA%20KOMPETENSI%20DASAR%20MENENTUKAN%20SIFAT-SIFAT%20BANGUN%20RUANG%20MENGGUNAKAN%20ALAT%20PERAGA%20BENDA%20KONKRET%20DI%20KELAS%20V%20%20MI%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%201%20BANTARBARANG%20KECAMATAN%20REMBANG%20KABUPA.pdf</identifier><identifier> Lukman Hakim, NIM. 102335058 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MA’ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>231</recordID></dc>
|
| language |
eng |
| format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
| author |
Lukman Hakim, NIM. 102335058 |
| title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V
MI MA’ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 |
| publishDate |
2016 |
| topic |
372 Elementary education 510.7 Pendidikan Matematika |
| url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/1/Abstrak.docx http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/3/Lukman%20Hakim_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20PADA%20KOMPETENSI%20DASAR%20MENENTUKAN%20SIFAT-SIFAT%20BANGUN%20RUANG%20MENGGUNAKAN%20ALAT%20PERAGA%20BENDA%20KONKRET%20DI%20KELAS%20V%20%20MI%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%201%20BANTARBARANG%20KECAMATAN%20REMBANG%20KABUPA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/231/ |
| contents |
Pembelajaranmatematika di SD/MI merupakanawaldalammempelajarimatematika. Makamatematika di SD/MI haruslahmengajarkanmengenaikonsepdalammatematika. Namun, sangatdisayangkanpembelajaranmatematika di SD/MI belummenerapkankonseptersebut. Matematikamenjadipelajaranhafalan. Padahalmatematikasendirihakekatnyaadalahaktifitasmanusia. Hal inimenjadikanmatematikamenjadimatapelajaran yang seolah-olahterpisahdengankehidupansehari-hari. Makatakheranjikasiswajugamulaiasing, sehinggahasibelajarsiswamenjadikurangbaik. Hal inijuga yang terjadi di MI Ma’arif NU 1 Bantarbarang. Alatperagamerupakan media yang tepatdigunakandalampembelajaranmatematika. Denganadanyaalatperagaakanmenurunkankeabstrakandarisuatukonsep. Denganbegitusiswaakanlebihmudahdalammemahamikonsep. Alatperagabendakonkretjugadapatmenjadikansiswamemahamipenggunaanmatematikadalamkehidupansehari-hari.
PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) Kolaboratif yang bertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadakompetensidasarmenentukansifat-sifatbangunruangmenggunakanalatperagabendakonkret. Subjekpenelitianiniyaitusiswakela V MI Ma’arif NU 1 Bantarbarangtahunpelajaran 2014/2015. Metodepengumpulan data dalampenelitianiniyaituwawancara, dokumentasidantes.
Penelitianinidilaksanakanselamaduasiklus. Padaprasiklusterdapat 7 siswa yang tuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 29.16%. sedangkanpadasiklus I terdapat 18 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentasiketuntasansebesar 75%, mengalamikenaikansebesar 45.84% dariprasiklus. Sedangkanpadasiklus II terdapatsebanyak 20 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 83.33%, sehinggamengalamikenaikansebesar 8.33% dibandingkandengansiklus I. |
| id |
IOS3655.231 |
| institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
| affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
| institution_id |
508 |
| institution_type |
library:university library |
| library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
| library_id |
184 |
| collection |
Repository IAIN Purwokerto |
| repository_id |
3655 |
| city |
PURWOKERTO |
| province |
JAWA TENGAH |
| repoId |
IOS3655 |
| first_indexed |
2016-11-09T04:47:14Z |
| last_indexed |
2020-01-16T04:47:56Z |
| recordtype |
dc |
| _version_ |
1763141778571001856 |
| score |
17.538404 |
