KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU I DAWUHANWETAN, KEDUNGBANTENG, BANYUMAS
Main Author: | LAILI MA’RIFATUL AZIZAH, NIM. 1223302026 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/1/LAILI%20MA%E2%80%99RIFATUL%20AZIZAH_KETERAMPILAN%20PENGELOLAAN%20KELAS%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20ARAB%20DI%20MI%20MA%E2%80%99AR.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Ma’arif NU I Dawuhanwetan yang meliputi keterampilan pengelolaan tata ruang kelas, pengelolaan waktu, pengelolaan materi dan pengelolaan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MI Ma’arif NU I Dawuhanwetan. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru mata pelajaran bahasa Arab MI Ma’arif NU I Dawuhanwetan memiliki keterampilan pengelolaan kelas sebagai berikut: Berkaitan dengan pengaturan tata ruang kelas seperti pengaturan ruang belajar, desain ruangan, pengaturan tempat duduk siswa, pengaturan alat-alat pengajaran, mengatur keindahan dan kebersihan, semuanya telah diatur oleh pihak sekolah. Terkait dengan pengelolaan alokasi waktu, guru menyesuaikan dengan kebutuhan dan materi pelajaran yang sudah tertuang dalam RPP. Dari kemampuan pengelolaan waktu pelaksanannya guru bahasa Arab sudah mencakup semuanya dari rincian penggunaan waktu. Dalam pengelolaan materi dilihat dari kompetensi pengelolaan materi dimana setiap guru telah membuat perencanaan yang berpedoman pada kurikulum yang ada untuk mengelola bahan materi yang akan disampaikan, sehingga materi pelajaran yang tersusun memudahkan penyampaian kepada siswa, dimengerti dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa dengan baik, dan terkadang guru menggunakan variasi metode pembelajaran. Guru mampu mengelola siswa untuk terlibat aktif di kelas, bagaimana mengatur atau menangani perilaku siswa yang tidak diinginkan. Namun dalam pengelompokan siswa untuk membantu siswa dalam menyelesaikan kesulitan-kesulitan dan permasalahan dalam proses pembelajaran, guru masih kurang maksimal dalam pelaksanaannya.