KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU I DAWUHANWETAN, KEDUNGBANTENG, BANYUMAS
Main Author: | LAILI MA’RIFATUL AZIZAH, NIM. 1223302026 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/1/LAILI%20MA%E2%80%99RIFATUL%20AZIZAH_KETERAMPILAN%20PENGELOLAAN%20KELAS%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20ARAB%20DI%20MI%20MA%E2%80%99AR.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/ |
ctrlnum |
1804 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/</relation><title>KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU I
DAWUHANWETAN, KEDUNGBANTENG, BANYUMAS</title><creator>LAILI MA’RIFATUL AZIZAH, NIM. 1223302026</creator><subject>2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana keterampilan
pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Ma’arif NU I
Dawuhanwetan yang meliputi keterampilan pengelolaan tata ruang kelas,
pengelolaan waktu, pengelolaan materi dan pengelolaan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MI
Ma’arif NU I Dawuhanwetan. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru bahasa
Arab. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode
analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru mata
pelajaran bahasa Arab MI Ma’arif NU I Dawuhanwetan memiliki keterampilan
pengelolaan kelas sebagai berikut: Berkaitan dengan pengaturan tata ruang kelas
seperti pengaturan ruang belajar, desain ruangan, pengaturan tempat duduk siswa,
pengaturan alat-alat pengajaran, mengatur keindahan dan kebersihan, semuanya
telah diatur oleh pihak sekolah. Terkait dengan pengelolaan alokasi waktu, guru
menyesuaikan dengan kebutuhan dan materi pelajaran yang sudah tertuang dalam
RPP. Dari kemampuan pengelolaan waktu pelaksanannya guru bahasa Arab sudah
mencakup semuanya dari rincian penggunaan waktu. Dalam pengelolaan materi
dilihat dari kompetensi pengelolaan materi dimana setiap guru telah membuat
perencanaan yang berpedoman pada kurikulum yang ada untuk mengelola bahan
materi yang akan disampaikan, sehingga materi pelajaran yang tersusun
memudahkan penyampaian kepada siswa, dimengerti dan dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari oleh siswa dengan baik, dan terkadang guru menggunakan
variasi metode pembelajaran. Guru mampu mengelola siswa untuk terlibat aktif di
kelas, bagaimana mengatur atau menangani perilaku siswa yang tidak diinginkan.
Namun dalam pengelompokan siswa untuk membantu siswa dalam
menyelesaikan kesulitan-kesulitan dan permasalahan dalam proses pembelajaran,
guru masih kurang maksimal dalam pelaksanaannya.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/1/LAILI%20MA%E2%80%99RIFATUL%20AZIZAH_KETERAMPILAN%20PENGELOLAAN%20KELAS%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20ARAB%20DI%20MI%20MA%E2%80%99AR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> LAILI MA’RIFATUL AZIZAH, NIM. 1223302026 (2016) KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU I DAWUHANWETAN, KEDUNGBANTENG, BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><recordID>1804</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
LAILI MA’RIFATUL AZIZAH, NIM. 1223302026 |
title |
KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU I
DAWUHANWETAN, KEDUNGBANTENG, BANYUMAS |
publishDate |
2016 |
isbn |
9781223302027 |
topic |
2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar |
url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/1/LAILI%20MA%E2%80%99RIFATUL%20AZIZAH_KETERAMPILAN%20PENGELOLAAN%20KELAS%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20ARAB%20DI%20MI%20MA%E2%80%99AR.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1804/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana keterampilan
pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Ma’arif NU I
Dawuhanwetan yang meliputi keterampilan pengelolaan tata ruang kelas,
pengelolaan waktu, pengelolaan materi dan pengelolaan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MI
Ma’arif NU I Dawuhanwetan. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru bahasa
Arab. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode
analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru mata
pelajaran bahasa Arab MI Ma’arif NU I Dawuhanwetan memiliki keterampilan
pengelolaan kelas sebagai berikut: Berkaitan dengan pengaturan tata ruang kelas
seperti pengaturan ruang belajar, desain ruangan, pengaturan tempat duduk siswa,
pengaturan alat-alat pengajaran, mengatur keindahan dan kebersihan, semuanya
telah diatur oleh pihak sekolah. Terkait dengan pengelolaan alokasi waktu, guru
menyesuaikan dengan kebutuhan dan materi pelajaran yang sudah tertuang dalam
RPP. Dari kemampuan pengelolaan waktu pelaksanannya guru bahasa Arab sudah
mencakup semuanya dari rincian penggunaan waktu. Dalam pengelolaan materi
dilihat dari kompetensi pengelolaan materi dimana setiap guru telah membuat
perencanaan yang berpedoman pada kurikulum yang ada untuk mengelola bahan
materi yang akan disampaikan, sehingga materi pelajaran yang tersusun
memudahkan penyampaian kepada siswa, dimengerti dan dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari oleh siswa dengan baik, dan terkadang guru menggunakan
variasi metode pembelajaran. Guru mampu mengelola siswa untuk terlibat aktif di
kelas, bagaimana mengatur atau menangani perilaku siswa yang tidak diinginkan.
Namun dalam pengelompokan siswa untuk membantu siswa dalam
menyelesaikan kesulitan-kesulitan dan permasalahan dalam proses pembelajaran,
guru masih kurang maksimal dalam pelaksanaannya. |
id |
IOS3655.1804 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
508 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
library_id |
184 |
collection |
Repository IAIN Purwokerto |
repository_id |
3655 |
city |
PURWOKERTO |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3655 |
first_indexed |
2017-04-17T01:41:20Z |
last_indexed |
2020-01-16T04:48:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763141787070758912 |
score |
17.538404 |