PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SUB POKOK BAHASAN PENINGGALAN SEJARAH HINDU-BUDHA DAN ISLAM NUSANTARA DI INDONESIA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) DI KELAS V MIM KALIKABONG PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: M.Galih Eka Saputra, 1123306172
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1525/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1525/2/M.Galih%20Eka%20Saputra_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20ILMU%20PENGETAHUAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1525/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) melalui “ Sub Pokok Bahasa Peninggalan Sejarah Hindu – Budha dan Islam Melalui Pendekatan Contekstual Teaching And Learning ( CTL ) Di Kelas V MIM Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga.” Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 38 siswa, putra 21 putri 17 dan objeknya adalah hasil belajar IPS siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukan adanya peningkatan belajar IPS. Peningkatan hasil belajar bisa dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari rata–rata nilai pada data awal siswa yaitu 8 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 22 % dan pada akhir siklus pertama nilai rata–rata siswa menjadi 12 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 33 % dan pada akhir siklus kedua nilai rata–rata siswa naik menjadi 33 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 91%. Selain dari meningkatnya hasil belajar siswa, proses pembelajaran didalam kelas ikut meningkat. Kata kunci : Hasil belajar IPS dengan model pembelajaran Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL).