PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA KELAS V MI MA’ARIF NU 01 KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: Miftahul H, 102335072
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/2/Miftahul%20H_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1201/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini sangat sesuai dengan masalah yang ada yaitu kurangnya peran serta aktif peserta didik ketika mengikuti pembelajaran serta masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Selain itu materi bangun datar merupakan materi yang abstrak, yang mana membutuhkan imajinasi yang tinggi bagi setingkat SD/MI dalam memahami konsep. Maka dengan model pembelajaran group investigation peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran dan mempunyai pengalaman dalam mengadakan penyelidikan tentang sifat-sifat bangun datar. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika materi bangun datar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI akan terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar. Subyek penelitian adalah siswa kela V MI Ma’arif NU 01 Kembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Selanjutnya dianalisis dengan mengklasifikasikan data. Setiap analisis dinarasikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada pra siklus siswa yang tuntas hanya 10 siswa (37,03%), ketuntasan belajar pada siklus I adalah 13 siswa tuntas (48,14%), serta ketuntasan pada siklus II adalah 23 siswa tuntas (85,18%). Kesimpulannya adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun datar pada siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Kembangan. Kata Kunci : Peningkatan hasil belajar, mata pelajaran matematika, model pembelajaran GI